AUDIT OPERASIONAL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PENGGUNAAN TENAGA KERJA LANGSUNG BAGIAN PRODUKSI (Studi Kasus Pada P.T. Dharma Anugerah Indah Surabaya)

HERI SUPRIJANTO, 049214104 (2000) AUDIT OPERASIONAL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PENGGUNAAN TENAGA KERJA LANGSUNG BAGIAN PRODUKSI (Studi Kasus Pada P.T. Dharma Anugerah Indah Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 140-00 Sup a.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan industri yang pesat akan menciptakan suatu kondisi persaingan yang kompetitif. Untuk dapat bertahan dalam persaingan yang kompetitif, setiap perusahaan harus dapat melaksanakan kegiatan operasionalnya secara efektif dan efisien.Kegiatan operasional dalam proses produksi rnerupakan bidang yang perlu rnendapatkan perhatian dan manajemen. Tenaga ketja merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan untuk mengungguli pesaingnya dalam rangka pencapaian efisiensi dan efektivitas. Dan audit operasional terhadap pengendalian penggunaan tenaga ketja langsung bagian produksi merupakan teknik pengendalian yang dapat membantu pihak manajemen dalam pengevaluasian tenaga kerjanya. Dalam skripsi ini, berdasarkan data..data yang telah diperoleh dapat diketahui bahwa PT. Dhanna Anugerah Indah selama ini telah melaksanakan fungsi pengendalian terhadap penggunaan tenaga kerja langsung bagian produksi, namun tidak berdasarkan stasndar pengukuran yang jelas, sehingga pelaksanaannya tidak sesuai dengan harapan perusahaan. Selama melaksanakan audit operasionaI terdapat beberapa hal yang bila tidak ditindaklanjuti akan dapat menyebabkan tetjadinya ketidakefektifan dan ketidakefisienan dalam penggunaan /pemanfaatan'tenaga ketja langsung bagian produksi. yaitu: program rekruitmen yang tidak terancana, seringnya penggunaan perusahaan percetakan di luar perusahaan. belwn adanya metode pelatihan tenaga ketja yang jelas, belurn adanya rancangan pembagian ketja yang baik, masih rendahnya pengendalian absen karyawan pada masa kurang sibuk, tidak adanya pembagian tugas yang tegas bagi karyawan, tidak adanya standar kinerja dan metode pengukuran kinerja, serta kurangnya pemanfaatan data-data dalam arsip yang dikumpulkan oleh bagian personalia. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, pelaksanaan audit operasional diharapkan dapat membantu manajemen dalam menindaklanjuti dan memperbaiki pengendalian penggunaan tenaga kerja langsung bagian produksi yang merupakan sarana untuk pencapaian efisiensi dan efektivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HERI SUPRIJANTO, 049214104UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 27 Nov 2016 19:28
Last Modified: 13 Jun 2017 19:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47205
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item