PENERAPAN COMPLIANCE AUDIT PADA DIVISI PEMASARAN PERUSAHAAN JASA SEWA KENDARAAN CABANG SURABAYA (STUDI KASUS PADA PT. "X" SURABAYA)

HANDARUSIH ARTYANURIN, 049721779 E (2003) PENERAPAN COMPLIANCE AUDIT PADA DIVISI PEMASARAN PERUSAHAAN JASA SEWA KENDARAAN CABANG SURABAYA (STUDI KASUS PADA PT. "X" SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 141-04 Art p.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, perusahaan dituntut untuk memiliki suatu keunggulan bersaing. Dalam hal ini divisi pemasaran sebagai salah satu pos yang memegang peranan penting dalam keberhasilan perusahaan harns mendapat perhatian yang besar. Adanya target penjualan yang harns dicapai dan posisinya sebagai ujung tombak perusahaan menyebabkan divisi ini memiliki tingkat turn over yang tinggi dan rawan akan adanya penyelewengan atau ketidakpatuhan terhadap kebijakan intern dan ekstern maupun prosedur yang telah ditetapkan pernsahaan. Oleh karena itu diperlukan suatu pemeriksaan untuk menilai kineIja karyawan, salah satunya adalah dengan menerapkan compliance audit untuk memeriksa, apakah semua aktifitas perusahaan telah dilakukan berdasarkan prosedur atau kebijakan yang telah ditetapkan. PT."X" cabang Surabaya sebagai objek penelitian adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang penyewaan kendaraan, baik jangka pendek maupun jangka paqjang, dengan atau tanpa pengemudi. Aktivitas pada divisi pemasaran yang ada pada perusahaan merupakan kegiatan utama, sebab dari pendapatan yang diperoleh dapat diketahui tingkat keberhasilan perusahaan ini dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, dengan kata lain kineIja perusahaan secara keseluruhan dianggap lebih baik. Dan orang yang bertanggungjawab atas keberhasilan ini secara umum adalah Sales Supervisor. Oleh karena itu pada saat dilakukan audit compliance, Sales Supervisor menjadi pusat informasi bagi segala aktifitas pemasaran yang ingin diketahui oleh tim internal auditor disamping informasi data maupun informasi dari karyawan yang ada dibawahnya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan bersumber dari data sekunder, yang didapat dari dokumen-dokumen perusahaan, serta buku teori dan literatur. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa sebenamya prosedur/sistem yang telah diterapkan selama ini sudah baik, tetapi perlu didukung oleh ketaatan karyawan agar dapat dicapai hasil yang maksimaL Oleh sebab itu compliance audit (Audit ketaatan) pada PT."X" sebaiknya dilakukan dengan lebih intensif dan periodik, serta dilengkapi program dan prosedur yang fleksible sesuai tuntutan keadaan sehingga dapat memperkecil resiko penyelewengan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
HANDARUSIH ARTYANURIN, 049721779 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 27 Nov 2016 20:19
Last Modified: 27 Nov 2016 20:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47213
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item