ANALISIS DESKRIPTIF TINGKAT PERTUMBUHAN PRODUKTIVITAS MODAL(CAPITAL PRODUCTIVITY GROWTH RATE) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI JAWA TIMUR PERIODE 1991-2000

OFIS SETIAWAN, NIM.: 049715809 (2002) ANALISIS DESKRIPTIF TINGKAT PERTUMBUHAN PRODUKTIVITAS MODAL(CAPITAL PRODUCTIVITY GROWTH RATE) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI JAWA TIMUR PERIODE 1991-2000. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 69-02 SET A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengukuran pertumbuhan ekonomi dengan mengukur tingkat produktivitas modal suatu perekonomian sangat penting untuk mengetahui tingkat pertumbuhan riil dan daya saing suatu perekonomian serta mengetahui adanya technological progress dan perbaikan manajerial dalam suatu perekonomian. Tingkat produktivitas modal dapat diketahui dengan menghitung ICOR suatu perekonomian maupun dengan mencari ICOR sektoralnya. Nilai ICOR dapat dihitung dengan menggunakan rumus pertumbuhan teguh atau steady state Harrod-Domar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar tingkat pertumbuhan produktivitas perekonomian Jawa Timur dan hubungan antara tingkat produktivitas modal atau investasi dengan pertumbuhan ekonomi. Dengan mengetahui tinggi rendahnya tingkat produktivitas modal di Jawa Timur selama periode1991-2000 perekonomian maka akan diketahui daya saing dan pertumbuhan riil perekonomian Jawa Timur selama periode tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data time series. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat produktivitas modal atau investasi perekonomian Jawa Timur sangat rendah. Sektor pertambangan dan penggalian merupakan sektor ekonomi di Jawa Timur yang memiliki tingkat produktivitas modal yang tertinggi. sedangkan sektor industri pengolahan memiliki tingkat produktivitas modal yang paling rendah. Secara umum rendahnya tingkat produktivitas modal di Jawa Timur disebabkan oleh; pertama kurangnya tenaga kerja yang terampil sehingga kapasitas produksi yang ada tidak dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan kandungan teknologi yang dimiliki, kedua rendah dan berfluktuasinya permintaan agregat di pasar output, ketiga ketidakpastian masa depan di kalangan pengusaha yang berkaitan dengan konjungtur ekonomi jangka panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 69/ 02 Set a
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
OFIS SETIAWAN, NIM.: 049715809UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSOEDJONO ABIPRAJA, Dr., S.E.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 28 Nov 2016 00:00
Last Modified: 13 Jun 2017 19:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47231
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item