ANALISIS PENGARUH SIKAP ATAS ATRIBUT PROBUK DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT KONSUMEN UNTUK MEMBELI ULANG PRODUK DETERJEN DI SURABAYA

MlI'ATUNINGTYAS, 049615252 (2003) ANALISIS PENGARUH SIKAP ATAS ATRIBUT PROBUK DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT KONSUMEN UNTUK MEMBELI ULANG PRODUK DETERJEN DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 233-03 Mia a.pdf

Download (930kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Niat membeli ulang oleh konsumen mempunyai uti penting bagi pemasar. Dengan mengetahui niat pembelian ulang konsume~ pemasar dapat dengan lebih mudah dalam menyusun strategi pemasarannya pada periode-periode berikutnya. Skripsi ini memfokuskan penelitian pada pengaruh sikap atas atribut produk dan norma subjektif terhadap niat untuk membeli ulang deterjen Rinso di Surabaya. Penelitian ini dilakukan atas dasar popularitas deterjen merek Rinso yang sangat besar, walaupun telah diproduksi sejak lama (tahun 1970-an) dan disaingi oleh banyak pesaing, tetapi masih tetap eksis di pasar. T eori yang digunakan adalah Theory ofReasoned Action yang dikemukakan oleh Fishbein dan Ajzen dan dikutip oleh Sciffman dan Kanuk (2000:207) dan Peter dan Olson (1996:178). Teori tersebut menjelaskan bahwa, niat untuk berperilaku (membeli ulang) dipengaruhi oleh sikap dan norma subjektif Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Dengan melibatkan 200 responden, data penelitian ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas berdasarkan teknik pearson product moment dan cronbach alpha. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi tinier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (sikap atas atribut deteIjen Rinso, sebagi XI, dan norma subjektif sebagai X2) terhadap variabel terikat (niat membeli ulang sebagai Y) secara simultan dan parsial. HasH analisis yang diperoleh berupa persamaan regresi linier berganda, yaitu Y = 0,607 + 0,344XI + O,ID4X2. Berdasarkan hasil uji hipotesis, variabel sikap (XI) dan norma subjektif (X2) berpengaruh signifikan terhadap niat (Y) secara simultan maupun parsiaL Koefisien korelasi sebesar 0,761 menandakan hubungan antara X dan Y kuat. Koefisien determinasi (R square) sebesar 0,579 menunjukkan 57,9% niat dipengaruhi oleh variabel sikap dan norma subjektif, 42, I % yang lain dipengaruhi oleh variabellain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 233/03 Mi'a a
Uncontrolled Keywords: MARKETING MANAGEMENT, CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
MlI'ATUNINGTYAS, 049615252UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI HARTINI, SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 28 Nov 2016 01:17
Last Modified: 28 Nov 2016 01:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item