PENGARUH FAKTOR-FAKTOR SPIRITUAL LEADERSHIP TERHADAP PRODUKTIVITAS SALESMAN PADA PT "X" DI PASURUAN

NlNIS HEROWATI, 0497117651 E (2003) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR SPIRITUAL LEADERSHIP TERHADAP PRODUKTIVITAS SALESMAN PADA PT "X" DI PASURUAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 234-03.her p.pdf

Download (967kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tmtuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial faktor-faktor spiritual leadership yang terdiri dad membangtm nilai bersama (building shared values), mengaplikasikan visi (visi setting), memberikan kesempatan wltuk berkembang (enabling), mempullyai pengaruh dan kekuasaan (influence power), intuisi (intuition), mau menanggung fisiko (risk talking) terhadap produktivitas salesman pada PT. "X" di Pasuruan. Populasi dalam penelitian ini adalah s~luruh karyawan PT. X dan juga sebagai sampel diambil dari seluruh salesman yang berjumlah 19 orang. Penelitial1 ini menggtmakan analisis regresi tinier berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: hipotesis yang menyatakan bahwa taktor-faktor spiritual leadership yang terdiri dari ,nembangwl nilai bersama (building shared values), mengaplikasikan visi (visi setting), memberikan kesempatan untuk berkembang (enabling), mempunyai pengaruh dau kekuasaan (influence power), intuisi (intuition), mau menanggung risiko (risk talking) seeara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap produktivitas salesman pada PT. "X" di Pasuruan dan faktar membangun nilai bersama berpengaruh dominan terhadap produktivitas salesman pada PT. "XU di Pasuruan diterima kebenarannya. . Besarnya kontribusi variabel bebas seeara bersarna-sama terhadap variabel terganttmgnya dapat dilihat dari kaefisien detenninasi yaitu R2 = 0,985 yang berarti ballwa membangun nilai bersama (Xl), mengaplikasikan visi (Xl)' memberikall kesempatan untuk berkembang (X3). memiliki pengaruh. dan kekuasaan (X;), intuisi (Xs) dan mau menanggung risiko (X6) secara bersama-sariia dapat menjelaskan perubahan variasi dari variabel produktivitas salesman sebesar 98,5 %. Sisanya sebesar 1,5 % dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Sementara besamya koefisien korelasi (R) adalall 0,992 artinya terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara variabel bebas dengan variabel tergantungllya. Pada PT. «X" Pasuruan, faktor-faktar spiritual leadership telah cukup baik diterapkan oleh pimpinan para salesman. Hal ini berdampak positif pada produktivitas salesman termasuk dalam kategori cukup baile. Pengaruh membangun nilai bersama (Xl) dan mengaplikasikan visi (Xl)· terhadap produktivitas kerja signifikan yang berarti bahwa para salesman membutuhkan adanya rasa kebersamaan dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan dan dalam bekerja salesman membutuhkan lingkungan kerja yang sesuai dengan visinya dan dulq.mgan seorang pimpinan yang mampu memberikan tim kerja yang baik, mampu diajak kerja sarna sehingga mampu memberikan semangat kerja bagi salesman dan juga membutuhkan seorang pemimpin yang mampu membangun konsensus bawahan; pengaruh memberikan kesempatan untuk berkembang (Xl), melniliki pengaruh dan kekuasaan (~) dan intuisi (Xs) tidak signifikan karena produktivitas seorang salesman memang terletak pada individunya sendiri dimana seorang salesman berusaha meningkatkan kinerjanya dan ada motivasi pada diri sendiri; dan pengarull mau menanggung risiko (Xo) signifikan karena salesman adalah tenaga kerja lapangan dan kerjanya menantang serta penuh risiko, maka seorang salesman membutuhkan pemimpin yang mau menanggung risiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 234/03 Her p
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP, LABOR PRODUCTIVITY
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
NlNIS HEROWATI, 0497117651 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dra., Ec., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 28 Nov 2016 01:23
Last Modified: 28 Nov 2016 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47257
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item