PENGARUH PENGUMUMAN PEMBAYARAN DIVIDEN PERTAMA KALI (DIVIDEND INITIATION) TERHADAP PENDAPATAN ABNORMAL SAHAM DI BURSA EFEK JAKARTA

YAN ABDILLAH, 049514874 (2000) PENGARUH PENGUMUMAN PEMBAYARAN DIVIDEN PERTAMA KALI (DIVIDEND INITIATION) TERHADAP PENDAPATAN ABNORMAL SAHAM DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 132-00 Abd p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apakah peristiwa pengumuman pembayaran dividen pertamakali (dividend initiation) oleh suatu perusahaan mempengaruhi pendapatan abnormal saham perusahaan tersebut di Bursa Efek Jakarta pada periode Januari 1994 sampai dengan Desember 1996. Pada saat perusahaan mengumumkan pembayaran dividen pertamakali (dividen initiation) perusahaan telah membuat perubahan besar pada kebijakan dividennya, dari yang sebelumnya tidak membayarkan dividen menjadi membayarkan dividen kepada pemegang saham. Peristiwa perubahan kebijakan dividen ini akan memberikan informasi kepada investor, yang akan ditanggapi secara positif maupun negatif. Hal ini akan mempengaruhi keputusan investasi investor sehingga menyebabkan perubahan harga saham perusahaan yang bersangkutan. Hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah terjadi abnormal return yang signifikan di sekitar tanggal pengumuman pembayaran dividen pertamakali. Nilai abnormal return dihitung dengan menggunakan single index model. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya abnormal return yang signifikan di sekitar tanggal pengumuman pembayaran dividen pertamakali, yang berarti peristiwa pengumuman pembayaran dividen pertamakali mempengaruhi pendapatan abnormal saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 132/00 Abd p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: DIVIDEND INITIATION, BURSA SAHAM
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
YAN ABDILLAH, 049514874UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. SETYANINGSIH, DR., SE.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 28 Nov 2016 01:27
Last Modified: 13 Jun 2017 20:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47258
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item