ANALISIS PENGARUH FAKTOR INDIVIDU KONSUMEN, LINGKUNGAN, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENYEWA GEDUNG PERKANTORAN BUMI MANDIRI

SENLY SAMPESULE, 049721292E (2003) ANALISIS PENGARUH FAKTOR INDIVIDU KONSUMEN, LINGKUNGAN, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENYEWA GEDUNG PERKANTORAN BUMI MANDIRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 132-04 SAM A.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Agar dapat mengembangkan strategi bersaing yang efektif, maka perusahaan perlu mendapatkan informasi mengenai perilaku konsumen, diantaranya faktor-faktor apa yang menyebabkan mcreka memilih suatu merek produk/jasa tertentu dala~ memenuhi kebutuhannya, Menurut Henry Assael, faktor-faktor yang termasuk dl dalamnya meliputi faklor internal (dari dalam individu ilu sendiri) dan faktor eksternal (di luar individu) yang terdiri dari faktor pengaruh lingkungan dan faktor strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan konsumen menyewa gedung perkantoran sewa Bumi Mandiri. Variabel yang digunakan yaitu ketiga faktor sebagaimana disebutkan di alas; faktor individu konsumen dengan sub variabel kebutuhan konsumen dan persepsi konsumen terhadap gedung Bumi Mandiri, faktor lingkungan dengan sub variabel temanlrelasi dan kelas sosial, faktor strategi pemasaran dengan sub variabel harga sewa, lokasi, fasilitas gedung, dan promosi. Untuk mendapatkan data dari konsumen digunakan kuesioner, Sebelum kuesioner dibagikan, dilakukan uji reliabilitas dan validitas, Selanjutnya setelah data terkumpul, dianalisis dengan metode regresi Iinler berganda (linear multiple regression) untuk mcngcstimasi kekuatan hubungan anlara variabel bebas (dalam hal ini ketiga faktor tersebut di alas) dan variabel tergantunglterikal (dalam hal ini keputusan menyewa gedung Bumi Mandiri), Dengan bantuan program SPSS (Statistical Programme for social science), maka diperoleh persamaan : Y = -0,975 +0,359 X1 +0,466 X2 + 0,447 X3 + Ei Karcna dalam regresi Iinier berganda ada beberapa asumsi yang harus dipenuhi, maka dilakukan uj i terhadap model persamaan tersebut untuk mengetahui apakah terdapat gejala penyimpangan alau tidak, dengan kala lain apakah memenuhi asumsi alau lidak. Dari hasil uji diketahui tidak ada penyimpangan atau memenuhi asumsi. Nilai R2 diperoleh sebesar 0,657 atau 65,7%. Artinya, variabel bebas dalam penelitian ini mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap keputusan menyewa, karena nilainya hampir mencapai sempuma (100%), Dan uji F dikelahui nilai F label sebesar 3,402 dan nilai F hilung sebesar 15,353. Karena F hilung lebih besar daripada F label, maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepulusan menyewa. Dari uji t diperoleh nilai t tabel sebesar 2,0639 sedangkan t hitung untuk masing-masing variabel sebesar 2,463; 3,065; 3.2IS sehingga disimpulkan bahwa secara parsial, variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan lerhadap keputusan menyewa, karena t hitung masing-masing vanabel bemilai lebih besar daripada t tabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 132/04 Sam a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: MARKETING, STRATEGY, DECISION MAKING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SENLY SAMPESULE, 049721292EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorV. HENGKY SUPIT, Prof., SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 28 Nov 2016 01:34
Last Modified: 13 Jun 2017 20:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47259
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item