ANALISIS POSITIONING ROKOK KRETEK FILTER DJARUM SUPER 12 BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI SURABAYA

KHUSNADI KRALIK, 049916587 (2003) ANALISIS POSITIONING ROKOK KRETEK FILTER DJARUM SUPER 12 BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 239-03 Kha a.pdf

Download (937kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegagalan atau keberhasilan suatu produk yang ditawarkan pada target pasar yang dipilih tergantung pada seberapa baik produk tersebut diposisikan dalam pasar (Walker, Boyd, Larrache, 1992: 202), oleh karena itu positioning berhubungan erat dengan kesesuaian penerimaan suatu penawaran produk dengan pasar yang ditujunya. Positioning akan lebih penting apabila merek produk-produk yang bersaing tampak sarna di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui posisi rokok Djarum Super 12 dibandingkan dengan pesaingnya yaitu Gudang Garam Surya 12, Gudang Garam Intemasional, Gudang Garam Surya 16, Wismilak Diplomat, Wismilak Spesial, Djie Sam Soe filter dan Bentoel Biru berdasarkan persepsi perokok terhadap atribut-atribut rokok yang ditawarkan. Atribut tersebut meliputi keterkenalan merek, kenikmatan rasa, desain kemasan, kesesuaian antara kepuasan dengan harga rokok, kemudahan mendapat dan iklan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Validitas alat ukur menggunakan metode Pearson Product Moment sedangkan untuk menguji reliabitasnya menggunakan teknik Alpha Cronbach. Penelitian ini berusaha menggambarkan posisi rokok Djarum Super 12 diantara pesaing-pesaingnya dengan menggunakan peta persepsi dua dimensi. Peta persepsi tersebut diperoleh melalui analisis Multidimensional &aling (MDS). Berdasarkan hasil MDS, koordinat stimulus Djarum Super 12 terletak pada titik -0,0449 (dl) dan 1,0624 (d2). Djarum Super 12 merupakan rokok paling unggul pada dimensi dua (d2). Sedangkan pada dimensi "1 posisi Djarum Super 12 masih dibawah Gudang Garam Surya 12, Gudang Garam Intemasional, Gudang Garam Surya 16 dan Djie Sam Soe filter. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui atribut yang dominan pada masing-masing dimensi. Pada analisis ini, nilai atribut rokok ditetapkan sebagai variabel dependen dan koordinat stimulus sebagai variabel independen. Hasil regresi menunjukkan bahwa atribut kemudahan mendapat dominan pada dimensi 1 (dl). Atribut iklan dominan pada dimensi 2 (d2). Untuk mengetahui pesaing terdekat Djarum Super 12 yang dipersepsikan perokok mempunyai banyak kemiripan (similarity) dengan Djarum Super 12, digunakan perhitungan jarak euklidian. Perhitungan Euclidian Distance menunjukkan bahwa pesaing terdekat Djarum Super 12 adalah Wismilak Diplomat dengan jarak euklidianl,2151. Kemudian diilmti oleh Djie Sam Soe filter (1,3126), Gudang Garam Surya 16 (1,6911), Gudang Garam Intemasional (1,7221), Bentoel Biru (1,8374) dan Gudang Garam Surya 12 (1,9838) dan Wismilak Spesial (2,9018).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 239/03 Kha a
Uncontrolled Keywords: MARKETING-MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
KHUSNADI KRALIK, 049916587UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorT ANTI HANDRIANA, S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 28 Nov 2016 01:39
Last Modified: 28 Nov 2016 01:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47260
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item