ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR "OPINION LEADER" TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH RUMAH SAKIT MATA UNDAAN DI SURABAYA

NANCY LYSTI HAPSARI, 040123633E (2004) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR "OPINION LEADER" TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH RUMAH SAKIT MATA UNDAAN DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 133-04 HAP A.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam mengambil keputusan untuk membeli produk atau jasa, palla dasamya seseorang mendapat infonnasi dari berbagai sumber antara lain : iklan, promosi, salesman, Word of Mouth Communication. Dalam hal mendapatkan infonnasi, seseorang akan mencari infonnasi dari sumber infonnasi yang benarbenar dapat dipercaya. Konsumen lebih suka dipengaruhi oleh komunikasi interpersonal dibandingkan dengan komunikasi pemasaran karena pada umumnya mereka menganggap ternan dan saudara sebagai sumber infonnasi yang lebih kredibel dan dapat dipercaya dari pemasar (Assael, 1995:711). Selain dari pemasaran yang dilakukan oleh RS.Mata Undaan Surabaya, konsumen akan berusaha mencari infonnasi tentang RS. Mata Undaan Surabaya dari sumber yang dapat dipercaya yaitu opinion leader yang terdiri dari keluarga (famili), ternan, tetangga dan dokter. Sebelum memutuskan untuk memenuhi saran yang diberikan oleh opinion leader untuk memilih RS. Mata Undaan Surabaya, konsumen memiliki penilaian yang didasarkan pada kredibilitas dan daya tarik opinion leader tersebut. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalab analisis regresi linier berganda, yang menerangkan ketergantungan variabel tak bebas pada empat variabel bebas. Persamaan regresi yang diperoleh adalah ; Y = -0,309 + 0,314X1 + 0,238X2 0,223X3 + 0,709X4 HasH penelitian menunjukkan, bahwa pengaruh faktor-faktor opinion leader yang terditi dati dari keluarga (fumili), ternan, tetangga dan dokter secara simultan dan telah diuji F diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecH dari 0,05 (5%), ini berarti mempunyai pengaruh yang signifikan terhallap keputusan memilih RS. Mata Undaan Surabaya. Begitu pula dengan pengaruh yang diuji secara parsial dan dengan menggunakan uji t diperoleh tingkat signifikansi variabel keluarga sebesar 0,044 (4,4%), variabel ternan sebesar 0,036 (3,6%), variabel tetangga sebesar 0,031 (3,1%) dan variabel dokter sebesar 0,000 dan semuanya lebih kecil dari 0,05 (5%). itu berarti juga mempunyai pengaruh yang signifikan terbadap keputusan memilih RS. Mata Undaan Surabaya. Palla akhimya, dapat diambil kesimpulan bahwa kredibilitas dan daya tarik keluarga (famili), ternan, tetangga dan dokter sebagai opinion leader disetujui oleh responden sebagai alasan menerima saran untuk memilih RS. Mata Undaan Surabaya. Untuk meningkatkan jumlah pasien RS. Mata Undaan Surabaya, maka mulai dati sekarang manajemen RS. Mata Undaan Surabaya menggunakan opinion leader sebagai faktor salah satu strategi pemasarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 133/04 Hap a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: DECISION MAKING, CONSUMER BEHAVIOR, MANAGEMENT, PERCEPTION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA411-415 Provisions for personal medical care. Medical care plans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NANCY LYSTI HAPSARI, 040123633EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHj.INDRIANAWATI USMAN, Dra., Ec., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 28 Nov 2016 01:39
Last Modified: 13 Jun 2017 20:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47261
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item