RITUAL MAGIS DIBALIK KESENIAN SINTREN (STUDI DESKRIPTIF PADA PAGUYUBAN SINTREN "SINAR BAHARI" CANGKOL TENGAH KOTAMADYA CIREBON)

DINI NOVIANTI, 079816306 (2001) RITUAL MAGIS DIBALIK KESENIAN SINTREN (STUDI DESKRIPTIF PADA PAGUYUBAN SINTREN "SINAR BAHARI" CANGKOL TENGAH KOTAMADYA CIREBON). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS ANT 15 01 Nav r.pdf

Download (675kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesenian sintren merupakan salah satu kesenian tradisional masyarakat Cirebon. Kesenian ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan kesenian tradisional Cirebon lainnya. Unsur Magis merupakan keunikan dalam setiap pementasan sintren, dengan gadis yang masih suci sebagai penarinya. Penari sintren, menari dalam keadaan trance (tidak sadar), masyarakat Cirebon percaya saat itu si penari dimasuki roh halus. Semula kesenian ini hanya merupakan hiburan bagi para istri nelayan saat menunggu suami pulang dari mencari ikan. Selain itu kesenian ini ditampilkan pula dalam upacara-upacara adat masyarakat setempat seperti nebus weteng (saat usia kandungan mencapai tujuh bulan) dan nyadran (awal musim mencari ikan). Pada awal-awal kelahirannya kesenian ini ditampilkan dengan cara pebarang atau ngamen, dan unsur magis atau mistik dalam kesenian tersebut masih sangat kuat.Penelitian mengenai ritual magis di balik kesenian sintren ini, berupaya mengungkapkan bagaimana kesenian sintren tersebut. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui apakah sampai saat ini kesenian sintren masih menggunakan unsur magis, selain itu peneliti pun ingin mengetahui adakah perubahan-perubahan dalam kesenian sintren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fis Ant 15-01 Nav r.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
DINI NOVIANTI, 079816306UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Setiawan, Drs.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 28 Nov 2016 02:40
Last Modified: 28 Nov 2016 02:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47275
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item