ANALISIS HUBUNGAN PENGELUARAN PEMERINTAH DAN PENERIMAAN PERPAJAKAN DI INDONESIA 1981/1982 -2001

BAGUS DWl ENDRAYANA, 049816155 (2003) ANALISIS HUBUNGAN PENGELUARAN PEMERINTAH DAN PENERIMAAN PERPAJAKAN DI INDONESIA 1981/1982 -2001. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS C 38 03 End a.pdf

Download (579kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hubungan antara pengeluaran pemerintah dan penerimaan pemerintah memiliki signifikansi yang unik di negara-negara sedang berkembang dalam membuat keputusan penganggaran. Pemerintah di negara berkembang biasanya menghadapi adanya budget constraint yang lebih besar dibanding dengan negaranegara lain. Pemerintah harus membuat suatu keputusandi antara dua kemungkinan, yaitu menaikkan penerimaan pajak atau mengurangi penge)uaran untuk menutupi defisit fiskal dan sebagai usaha untuk penyesuaian dalam operasi fiskalnya. Mithani dan Goo Soo Khoon mencoba membuat 3 alternatif hipotesis mengenai hubungan antara penerimaan perpajakan dengan pengeluaran pemerintah, yaitu ,~pend and tax hypotesis, tax and spend hypotesis dan fiscal synchronization hypotesis. Menurut spend and lax hypotesis, pemerintah memulai dengan menentukan pengeluaran lalu kemudian menentukan bagaimana cara membiayai pengeluaran, diikuti oleh tambahan besarnya penerimaan perpajakan pada tahun sebelumnya, jadi kausalitas bergerak dari pengeluaran ke penerimaan. Hal ini sesuai dengan apa yang dikemukakan oIeh Wiseman dan Peacock (1967) yang menyatakan bahwa pada saat terjadi external shock, seperti depresi besar, dan perang dunia, di mana terjadi kenaikan besarnya pengeluaran pemerintah dapat memacu adanya kenaikan dalam penerimaan perpajakan. Hipotesis selanjutnya yaitu lax and spend hypotesis menyatakan hubungan sebaliknya. Dalam hipotesis ini dinyatakan bahwa perubahan dalam besarnya penerimaan perpajakan akan diikuti oleh adanya perubahan pada besarnya pengeluaran pemerintah. Selanjutnya hipotesis yang terakhir adalah Fiscal synchronization hypotesis, yang menyatakan bahwa pemerintah merubah pengeluaran dan penerimaan secara simultan. Pemerintah memutuskan tingkat pengeluaran dan penerimaan perpajakan pada suatu tingkat tertentu, dengan membandingkan keuntungan marjinal dan biaya terhadap perubahan dalam keseimbangan anggaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 38-03 End a.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
BAGUS DWl ENDRAYANA, 049816155UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSOEDJONO ABIPRAJA, Prof.Dr.SE.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 28 Nov 2016 21:42
Last Modified: 28 Nov 2016 21:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47343
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item