PENERAPAN SISTEM INFORMASI INTELIJEN BISNIS SEBAGAI ALAT UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA PT SEMEN GRESIK (PERSERO) TBK

WIDININGTYAS DYAD SUSANTI, 049715690 (2003) PENERAPAN SISTEM INFORMASI INTELIJEN BISNIS SEBAGAI ALAT UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA PT SEMEN GRESIK (PERSERO) TBK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 148-04 Sud p.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian di PT Semen Gresik ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan pihak manajemen dalam memenuhi target penjualan semen tahun 2002 dimana realisasi penjualan semen dibawah anggaran sebesar 151.461 ton semen demikian juga dengan adanya peningkatan penjualan dan perhatian yang berlebihan terhadap wilayah pemasaran Jawa Barat membuat wilayah pemasaran Jawa Timur mulai digerogoti oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa dengan produknya Semen Tiga Roda. Dan kenyataan terse but membuat peneliti tertarik untuk meneliti apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi padahal PT semen Gresik telah menerapkan intelijen bisnis dim ana area manajer memperoleh informasi tentang pelanggan dan pesaing serta melaporkannya kepada kepala bagian penjualan sedangkan analisanya ditangani oleh dinus perencanaan dan evaluasi pemasaran. Skripsi ini menggunakan metodologi penelitian studi kasus menurut Robert K. Yin. Teknik anal isis data mendasarkan desain studi kasus pada proposisi teoritis. Untuk analisa menggunakan bentuk analisa penjodohan pola menurut Robert K. Yin. Setelah data penelitian dianalisa menggunalcan teknik analisa penjodohan pola maka didapat hasil bahwa persaingan diantara perusahaan semen merupakan ancaman dan peluang bagi PT Semen Gresik untuk meningkatkan kinerjanya, PT Semen Gresik telah menerapkan strategi diferensiasi yang mengutamakan kualitas dan merk dagangnya merupakan modal untuk memasarkan produknya. Kondisi untuk membangun sistem informasi intelijen bisnis kurang mendukung. Telah terpenuhinya kebutuhan informasi untuk input keunggulan bersaing. Proses intelijen bisnis yang dilaksanakan oleh area manajer kurang berhasil dilaksanakan yang ditunjukkan dengan ketidakmampuan manajemen dalam memenuhi target penjualan semen tahun 2002 dan pangsa pasar terbesar Semen Gresik di Jawa Timur mulai digerogoti oleh Semen Tiga Roda. Sedangkan proses penyaringan data dari area manajer yang dilakukan oleh dinas perencanaan dan evaluasi pemasaran telah terlaksana dengan baik. Dari kondisi tersebut maka diberikan usulan penerapan sistem informasi intelijen bisnis menurut Benyamin dan Tamar Gilad dan rancangan laporan area manajer sedangkan usulan tersebut belum diuji pada perusahaan yang bersangkutan. Demikian juga dengan penggUnaan strategi diferensiasi maka perIu diperhatikan kebijakan pemasarannya agar produk: lebih tepat waktu sampai ke konsumen, produk selalu ada dipasaran. memperhatikan kualitas semen dan harga kompetitif terhadap produk pesaing. perIu adanya peningkatan efektivitas saluran pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
WIDININGTYAS DYAD SUSANTI, 049715690UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 28 Nov 2016 22:05
Last Modified: 28 Nov 2016 22:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47352
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item