PERAN UNIT INTELIJEN KEAMANAN SERTA UNIT PEMBINAAN MASYARAKAT DALAM OPTIMALISASI POLSEK SEBAGAI BASIS DETEKSI DINI GUNA MENGANTISIPASI GANGGUAN KAMTIBMAS (Studi Di Kepolisian Sektor Kenjeran Surabaya)

BAMBANG CHRISTANTO UTOMO, 091224853013 (2016) PERAN UNIT INTELIJEN KEAMANAN SERTA UNIT PEMBINAAN MASYARAKAT DALAM OPTIMALISASI POLSEK SEBAGAI BASIS DETEKSI DINI GUNA MENGANTISIPASI GANGGUAN KAMTIBMAS (Studi Di Kepolisian Sektor Kenjeran Surabaya). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TESIS-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara umum jika dibandingkan dengan data pada tahun 2014, gangguan keamanan di wilayah Polsek Kenjeran tahun 2015 mengalami kenaikan yang cukup besar, yaitu sebesar 44,91 %. Saat ini kondisi fungsi deteksi dini Unit Intelkam Polsek yang belum optimal dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas, berdampak pada persepsi masyarakat pada polsek yang dianggap belum mampu mendukung terwujudnya Polsek sebagai basis deteksi. Adanya kondisi tersebut, mengharuskan Polsek Kenjeran untuk merumuskan langkah-langkah dalam mengoptimalkan fungsi deteksi Unit Intelkamnya, agar dapat mengantisipasi gangguan kamtibmas. Sehingga, peran Polsek sebagai basis deteksi dapat terwujud. Selain pada Unit Intelkam, tugas deteksi dini juga diemban oleh Unit Binmas melalui kegiatan Pemolisian Masyarakat (Polmas). Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan empiris yang berdasarkan sifat dan tujuannya digunakan jenis penelitian eksploratori dengan menggunakan analisis data adalah berupa wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Proses analisis Unit Intelkam untuk menghasilkan produk intelijen sebagai dasar deteksi dini, tahapannya meliputi : Pertama, Kegiatan pengumpulan bahan keterangan dengan cara pengumpulan secara terbuka dan tertutup.Selanjutnya Tahap pengumpulan yang meliputi: penelitian, wawancara, interogasi, penamatan, penggambaran, penjejakan, pembuntutan, pendenganran, penyusupan. Selanjutnya Setelah kegiatan pengumpulan bahan keterangan, yang kedua adalah pembuatan hipotesa serta perlu dilakukan Pengumpulan data tambahan serta Analisis. Sistem Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Swakarsa (Siskamtibmas Swakarsa) melalui kegiatan Polmas, diperlukan adanya managemen/pembinaan secara terus menerus antara lain dengan cara : Perencanaan, pengorganisasian pengawasan, pengendalian, Pengembangan dan selanjutnya adalah tahap aplikasi Polmas serta pembinaan kondisi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKIK 13/16 Uto p
Uncontrolled Keywords: Intelkam, Binmas, Deteksi Dini
Subjects: K Law
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Kajian Ilmu Kepolisian
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BAMBANG CHRISTANTO UTOMO, 091224853013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSutinah, Dr. Dra. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2016 23:53
Last Modified: 03 Jul 2017 00:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47393
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item