ANALISIS PELAKSANAAN INTERNAL AUDIT DIBAGIAN SATUAN PENGAWAS INTERN TERRADAP STRUKTUR ORGANISASI DAN FUNGSI SPI (STUDI KASUS PADA PT. BOMA BISMA INDRA)

RIZSYA YULIATI, 040037019 (2003) ANALISIS PELAKSANAAN INTERNAL AUDIT DIBAGIAN SATUAN PENGAWAS INTERN TERRADAP STRUKTUR ORGANISASI DAN FUNGSI SPI (STUDI KASUS PADA PT. BOMA BISMA INDRA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 221-03 YUL A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada persa111gall global, pemsahaall [.'U MN!l3U MU dituntUl unluk memperbaiki killerja perusahaannya. Keefisienan dan keefektifan orgamsasl yang tinggi adalah kunei kebcrhasilan perusahaall. KOlldisi illl membua1 perusahaan mengoptimalkan seluruh sumberdaya dan fungsi-fungsi manajemennya. Salah satu fungsi manajcmcn yang pen1ing adalah fungsi pcngcndalian ((·lIl7fml/lIl!!,). Scmakin berkembangnya organisasi dan tersebarnya wilayah kerJa, pengendalian dan pengawasan tidak dapat dilakukan sendiri oleh pucuk pimpinan. Untuk itu perusahaan membcn(uk uni1 yang mcmiliki tugas dan tanggung jawab yang khusus dalam pengawasan yang biasa disebut Satuan Pengawas Intern (SF]). PT. 80ma 8isma lndra scbagai salah saW 8UMN, mcmiliki auditor intern yang tugasnya mcmbantu perusahaan atau manajemen sebagaimana 1ercan(Uln pada pasal 46 ayat I Peraturan Pemerintah NO.3 tahun 1983 tentang tatacara pembinaan dan pengawasan PERJAN, PERUM, dan PERSERO yaitu "Sa(uan Pengawas In1ern bertugas membantu direktur utama dalam peni laian alas Sistem Pengendalian Manajemen dan pelaksanaannya pada badan usaha yang bersangkutan dan memberikan saran-saran perbaikannya". Dalam perkembangannya, internal audit juga membantu manajemen mengelola risiko dalam mellgidelltitlkasi masalah dan menyarankan memberi perbaikan yang memberi nilai tambah untuk mempcrkuat organisasi.Pemahaman SPT terhadap pelaksanaan internal audit itu sendiri sangatlah penting, hal ini dikarenakan agar saran-saran perbaikan .yang diberikan oleh SFI kepada manajemen pcrusahaan da~t bernilai tinggi dan menunjang keefektifan pengendalian intern itu sendiri. Sedangkan subyek penelitian yang dipakai yaitu SFI PT. 80ma I3isma Indra telah melaksanaan internal audit sebagai salah satu hal yang mendorong keefcktifan pcngcndalian intern perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 221/03 Yul a
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RIZSYA YULIATI, 040037019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantAgus WIdodo, Drs. , Msi.AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 29 Nov 2016 00:30
Last Modified: 14 Jun 2017 20:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47402
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item