KONFLIK ANTARA NEGARA DENGAN MASYARAKAT ( Studi Kasus : Peran Represif Pemerintah Propinsi Jatim dalam Penertiban Bangunan Liar di Stren Kali Wonokromo Surabaya )

SITI ROMLAH, 079916143 (2004) KONFLIK ANTARA NEGARA DENGAN MASYARAKAT ( Studi Kasus : Peran Represif Pemerintah Propinsi Jatim dalam Penertiban Bangunan Liar di Stren Kali Wonokromo Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 19-04 ROM K 079916143.pdf

Download (943kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nama : S iti Rom lah NIM : 0799i6143 Judul : KONFLIK ANIARA NEGARADENGAN MASYARAKAT (Studi Kasus Peran Represif Pemerintah Propinsi Jatim dalam Penertiban Bangunan Liar di Stren Kali WonC'kromo Surabaya) kepustakaan: Literatur (Th 1986-2002), Textbook I3 eksemplar, surat kabar 4 eksemplar. Jumlah hal. : 119 halaman Chalaman judul 1 hal, lembar Persetujuan 1 hal, Pengesahan 1 hal, lernbar Ucapan terirna kasih 2 hal dan Persem bahan 1 hal, Kata Pengantar 1 hal, Abstrak 2 hal, Daftar lsi 2 hal, Tabel dan Bagan 1 hal, lsi 75 hal, Daftar Pustaka 2 hal, Lampiran 30 hal) Kebijakan Pemerintah tentang "Kola tanpn Kekumuhan"telah berpengaruh terhudap kehidupan orang banyak. Pcmerintah disini dalam melaksanakan kebijakan tersebul harus mclakukan kebersihan kota untuk keindahan. Salah satu program yang dicanangkan untuk kebersihan kota tersebut adalah dengan penertiban bangunan-bangunan liar Cti seluruh area yang semestinya tidak boleh ditempati, yang salah satunya adalah di sekitar bantaran Kali Wonokromo. Bangunan-bangunan liar tersebut selain sebagai tempat berteduh juga digunakan sebagai tempat usaha. Penertiban bangunan ini tidaklah mudah karena telah rnendapat perlawanan dari warga, dan menirnbulkan konflik antara warga dengan negara dan dapat ditarik perumusan masalah tentang faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi konflik antara pemerintah dengan warga stren Kali Wonokromo, dan bagaimana resolusi konflik yang diarnbil. Dan untuk rnenjawab perrnasalahan tersebut digunakan teori konflik dan hubungan negara dengan masyarakat. Penelitian ini rnenggunakan rnetode penelitian deskriptif yang datanya diolah dan dianalisa secara kualitatif. Pengumpulan datanya digunakan beberapa rnetode yaitu interview, observasi, dan library research. Ditemukan data sebagai berikutĀ· bahwa pemerintah melaksanakan penggusuran didasarkan PP RI No.35 th.1991 dan telah mengeluarkan surat edaran bagi warga untuk meninggalkan area strcn kali, kronologi penertiban serta kronologi perlawanan-perlawanan yang dilakukan oleh warga, dan usaha warga dalam mencapai kesepakatan dengan pihak pernerintah yang pacta akhirnya menjadi solusi pasca penertiban. Oijelaskan juga beberapa indikasi lain yang mewarnai konflik tersebut yan~ \er~y~\a dyNml1 f1c;1~nY~ in~i~flsi ini, konflik tersebut sulit untuk diselesaikan ~n~tunt~. \Indikator tersebut adalah adanya pihak-pihak dari Pemprov Jatirn yang telah menjualbdikan surat izin untuk menempati lahan stren kali. Dari datadata terscbut dapat dltarik kcsimpulan yang menampilkan keseluruahn fenomena kontlik terbuka antara Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya dengan warga stren Kali Wonokromo yang terjadi antara tanggal 11-13 Maret 2002, mulai dari latar belakang munculnya kon!lik hingga indicator lain yang menghambat pengaturan kontlik, karena kekuasaan negura disini temyata sangat berperan dalam penyelesaian kontlik yang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 19-04 Rom k (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: KONFLIK; NEGARA; MASYARAKAT; Penertiban Bangunan Liar
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
SITI ROMLAH, 079916143UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Aminah, Dra., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Nov 2016 00:34
Last Modified: 14 Jun 2017 20:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47403
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item