ANALISIS PERGESERAN TEMA KAMPANYE GOLKAR ANTARA PEMlLU 1991 DAN 1999 (STUDI DESKRIPTIF PEMBERITAAN JAWA POS DAN KOMPAS TERHADAP PEMUATAN TEMA KAMPANYE GOLKAR DALAM PEMILU 1999)

HENRY GABRIEL, 079213753 (2000) ANALISIS PERGESERAN TEMA KAMPANYE GOLKAR ANTARA PEMlLU 1991 DAN 1999 (STUDI DESKRIPTIF PEMBERITAAN JAWA POS DAN KOMPAS TERHADAP PEMUATAN TEMA KAMPANYE GOLKAR DALAM PEMILU 1999). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 19-00 GAB A 079213753.pdf

Download (923kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilu seb. suatu mekanisme pelaksanaan demokrasi mkyat merupllkan satn prasyarat utama untuk tetWUjudnya pemerintahan yang demokrntis. Dalaro pelaksnaan pemilu Ilkan terdapat banyak organisasi peserta pemilu yang saling berebut simpati dari lI1IlSSa pendukung uutuk mendapatkan legitimasi dalaro pemenntahan. Pemilu juga dapat dikatllkan sebagai salah satu mekanisme memindahkan kontlik kepentingan dari masyarakat kepada badan pelWakiian mkyat melalui wakH rakyat yang terpilih atau partai yang memenangkan pemilu sehingga integrasi masyrakat tetap tercapai. Kampanye sebagai salah satu mekanisme dari pelaksanaan pemilu mmlpllkan waktu dimana setiap partai atau organisasi peserta pemilu berupaya mensosialisasikan program· program partainya kepada publik. Kampanye sendiri memililri tisa tujuan yaitu ; pertama, upaya membangkitkan kesetian pengikut ; kedua, menjajaki warga negara yang tidak terikat pada partai dan ketiga ada1ah upaya meyakinkan masyandait akan pitihan mereka terbadap partai. Penelitian ini ditujukan pada Partai Golkar sebagai salah sain kekuatan penekan selama masa pemerintahan orde barn banyak mendapat keuntungan politis karena lredekatannya dengan penguasa pada masa itu. Sebagai kekuatan yang selaroa masa orde barn selalu tidak mengalami banyak kesulitan dalaro memenangkan pemilu Golkar mempunyai pelnang yang besar untuk membangun akar politiknya Keuntungan tersebut diakui atau tidak telah mematikan bahkan meniadllkan funSSi utama dari pemilu itu sendiri sebagai pt1l.Ilyarat tetWUjudnya pemerintahan yang demokrntis. Dalam masa pemilu 1999 yang diawali jaluhnya rezim orde barn dengan mundumya Soeharto maka Golkar seolah kehilangan patron politiknyll. Hal ini membuat Golkar barns menerupkan pola serta menawarkan program kampanye yang barn uotuk dapatnya Golkar memperoleh suara dalaro pemilu. Kesalahan • kesalahan yang teljadi selama masa orde barn secara tidak Isngsung menjadi kesalahan yang dibuat Golkar selama pemerintaimn yang dipegaungnya Dengau membandingkan tawaran program yang disampaikan oleb Golkar dalam pemilu sebelumnya penelitian ini bernsaha untuk millICan sejauh mana teljadi pergeseran dalam tema karopanye tersebut mengingat kondisi politik yang telah bembah dan tidak menguntungkan Golkar. Dan tanggapan masyarakat terhadap pergeseran tersebut uutuk kemudian menjatuhkan pilihan terbadap Golkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 19-00 Gab a (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: KAMPANYE; GOLKAR; PEMlLU
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
HENRY GABRIEL, 079213753UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKris Nugroho, Drs. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Nov 2016 00:45
Last Modified: 14 Jun 2017 20:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47406
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item