ACTIYITY BASED MANAGEMENT UNTUK MENCAPAI EFISIENSI BIAYA SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI BERSAING PADA INDIGO RESTORAN & BAR HOTEL MANDARIN ORIENTAL, MAJAPAHlT SURABAYA

TRI KARTINI, 049816132 (2003) ACTIYITY BASED MANAGEMENT UNTUK MENCAPAI EFISIENSI BIAYA SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI BERSAING PADA INDIGO RESTORAN & BAR HOTEL MANDARIN ORIENTAL, MAJAPAHlT SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 151-04 KAR A.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Akuntansi biaya konvensional yang dipakai dalam perhitungan biaya produk dianggap kurang relevan. Penggunaan metode iui tidak sesuai karena tidak berhubungan dengan volume produk yang dihasi1kan. Activity Based Management mampu melakukan cost assigment terhadap aktivitas secara tidak langsung secara akurat. Penelitian iui dilakukan di Indigo Restoran dan Bar Mandarin Oriental, Hotel Majapahit Surabaya. Restoran iui merupakan salah satn outlet F & B yang menyediakan menu Interuasional untuk segala usia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam peneltian iui adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menjawab rumusan masalah yang diawali pertanyaan bagaimana dan difokuskann pada fenomena kontemporer. Data yang digunakan tidak hanya data sekunder tetapi juga data primer yang diperoleh mellaui wawancara dan observasi langsung. Analisis data yang digunakan analisis desJaiptif komparatif, ayitu membandingkan antara perhitungan konvensional dengan perhitungan Activity Based Management untuk mengetahui mana yang lebih menguntungkan diantara kedua sistem yang dibandingkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan activity based management adalah perhitungan biaya yang lebih akurat karena melalui metode lui pembebanan biaya ke dalam suatu produk didasarkan atas pemakaian sumber daya oleh masingmasing produk yang bersangkutan. Melalui Activity Based Management Indigo Restoran dan Bar dapat memiliki keunggulan dalam hal biaya sebagai strategi bersaing dengan restoran sej euisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
TRI KARTINI, 049816132UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 29 Nov 2016 15:50
Last Modified: 14 Jun 2017 20:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47420
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item