MENGELOLA SHRINKAGE BERBASIS MANAJEMEN BIAYA UNTUK MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN DALAM USAHA MENCAPAI KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN JASA

KATHARINA PUSPITA DARYANTO, 040016703 (2004) MENGELOLA SHRINKAGE BERBASIS MANAJEMEN BIAYA UNTUK MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN DALAM USAHA MENCAPAI KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN JASA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 156-04 DAR M.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam lingkungan bisnis kontemporer orientasi perusahaan yang dulunya hanya untuk mendapatkan laba, bergeser menuju fokus pada pelanggan. Memberikan mulu pelayanan prima yang dulunya merupakan pilihan kini merupakan sualu keharusan, apabila perusahaan hendak mencapai kepuasan pelanggan. Salah satu masalah yang timbul saal perusahaan jasa ingin memberikan mulu pelayanan terbaik adalah shrinkage, Walaupun istilah shrinkage juga dapat ditemui di perusahaan manufaktur dan dagang, narnun bukan merupakan istilah yang sarna. Pada perusahaan jasa, shrinkage menyebabkan perusahaan jasa kekurangan karyawan untuk melayani pelanggan sehingga mereka harns menunggu untuk mendapatkan pelayanan. Oleh karena itu, perusahaan harns mengelola shrinkage, termasuk didalarnnya mengidentifikasi penyebabnya, menghitung, dan menyajikan sebagai informasi nonkeuangan untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen dalam usaha mencapai kepuasan pelanggan. Dalarn manajamen biaya informasi nonkeuangan sarna penlingnya dengan informasi keuangan. Dalam skripsi yang bermetode penelitian studi literatur ini digunakan conloh perusahaan jasa yaitu call center (pusal komunikasi). Pusat komunikasi mempunyai data yang akurat dan lerperinci sehingga memudahkan untuk mengidentifikasi dan menghitung shrinkage. Perusahaan jasa sebaiknya menggunakan informasi tentang faktor shrinkage dalarn perencanaan perusahaan karena tingkal ketergantungan pada sumber daya manusia (tenaga kerja) sangat besar dan kegagalan pelayanan da/am perusahaanjasa relatif lebih sulit untuk diperbaiki dan memakan lebih banyak biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
KATHARINA PUSPITA DARYANTO, 040016703UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 29 Nov 2016 16:33
Last Modified: 14 Jun 2017 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47432
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item