ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DENGAN IMPLEMENTASI PROGRAM SAP(SYSTEM, APPLICATION, PRODUCT) UNTUK MENDUKUNG SISTEM PENGENDALIAN DANA DI PT TELKOM

ENDAH SUSILORINI, 040023598 E (2004) ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DENGAN IMPLEMENTASI PROGRAM SAP(SYSTEM, APPLICATION, PRODUCT) UNTUK MENDUKUNG SISTEM PENGENDALIAN DANA DI PT TELKOM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 158-04 SUS A.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mengikuti perkembangan paradigma baru dunia te1ekomunikasi Indonesia, menuntut PT Telkom untuk flexibel dan kreatif dengan rantai birokrasi yang pendek untuk menyediakan informasi yang eepat dan akurat dalam proses pengambilan keputusan sccara lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu manajemen PT Telkom memutuskan untuk mengimplementasikan SIMTel yang berbasis SAP sebagai back office sistem. Didalam model sistem informasi keuangan (McLeod) terdiri dari Subsistem input yaitu subsistem enterprise information sistem (EntlS), subsistem internal audit, dan subsistem intelejen keuangan. Sedangkan subsistem output terdiri dan subsistem peramalan, subsistem manajemen dana, dan subsistem pengendalian. Dalam penelitian ini, penerapan sistem informasi keuangan dibatasi pada tujuan untuk mendukung salab satu subsistem output yaitu subsistem pengendalian. Sistem pengendalian erat kaitannya dengan sistem penganggaran, karena dari anggaran akan tercermin target serta tujuan; sedangkan hasil aktual merupakan dasar untuk mengevaluasi kinerja (per:formance) dan membantu untuk mengendalikan operasi di masa yang akan datang. Berpedoman pada rumusan masalab yang telah ditetapkan, yaitu bagaimana penerapan sistem informasi keuangan dengan implementasi program SAP untuk mendukung sistem pengendalian dana, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data bernpa dokumell, keterangan atau lisan maupun tertuIis dan lain-lain yang bersumber dari data primer dan sekunder. Data tersebut diperoleh melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi dari perusabaan yang selanjutnya dianalisis, dan diolab dengan teknik yang bersifat kualitatif deskriptif. Sistem informasi keuangan di PT Telkom, seperti yang digambarkan menurut model sistem informasi keuangan McLeod, terdiri dari subsistem input Enterprise information system (EntIS), subsistem audit internal dan subsistem intelejen keuangan, dapat digunakan sebagai dasar untuk pengajuan usulan anggaran dalam penyusunan RKAP. Sistem informasi keuangan di PT Telkom dapat ditingkatkan lagi menjadi lebih optimal dengan perbaikan pada subsistem input internal auditor dan subsistem intelijen keuangan. Penyusunan RKAP di PT Telkom dapat meneapai tujuan penganggarall, seperti yang dinyatakan oleh Hansen dan Mowen, yaitu sebagai alat perencanaan dan penyediaan sumber informasi yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan, sebagai standar untuk mengevaluasi performansi, dan . perbaikan komunikasi dan koordinasi. Sistem pengendalian dana yang diaplikasikan dengan program SAP menjamin keakuratan dari pemrosesan data menjadi informasi, karena karaktenstik sistem yang on fine, realtime dan terintegrasi membuat siklus proses bisnis efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ENDAH SUSILORINI, 040023598 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 29 Nov 2016 17:04
Last Modified: 14 Jun 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47436
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item