PENYUSUNAN LAPORAN BIAYA KUALlTAS UNTUK MENGEVALUASI PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS DENGAN DITERAPKANNYA KEBIJAKAN SISTEM MANAJEMEN MUTU (ISO 9001:2000) PADA PT. PLN (PERSERO) UPPTR EMBONG WUNGU

ANDIASTI HERDIANI, 040137339 (2004) PENYUSUNAN LAPORAN BIAYA KUALlTAS UNTUK MENGEVALUASI PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS DENGAN DITERAPKANNYA KEBIJAKAN SISTEM MANAJEMEN MUTU (ISO 9001:2000) PADA PT. PLN (PERSERO) UPPTR EMBONG WUNGU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 159-04 HER P.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persamgan yang semakin kompetitif mcndorong pcrusahaan untuk melaksanakan kegiatan opcrasionalnya secara efisien. Persaingan bukan hanya mengenai scberapa tinggi tingkat produktivitas perusahaan dan seberapa rendahnya tingkal harga produk maupun jasa, namun lebin pada kuaiitas produk alaU jasa tersebul, kenyamanan, kemudahan, serta ketepatan dan kecepatan waktu pencapaiannya Bagi perusahaan yang berorienlasi pada kuaiitas, mcnghasilkan barang alau jasa yang memenuhi kepuasan pcianggan merupakan hal yang penting. Untuk mcndapatkan kualitas yang tinggi diperlukan suatu kebijakan sistem manajemen mulu yang baik agar barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan sesllai dengan kemginan pelanggan dan dapat bersamg di pasar. Standar ISO 9000 merupakan pengembangan dan pembangllnan sistem manajemen mUlu umuk mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan yang mcnerapkan ISO 9000 akan mempemleh banyak manfaat mclalu! penerapan sistem tersebut, diantaranya dapat memperbaiki sistem operasi, mengllrangi ketidakefisienan tenaga kerja, sehingga dengan demikian dapat meningkatkan produt..iivitas. ISO 9000 bukanlah merupakan standar spesifikasi produk, n3mlln merupakan standar sistcm manajemen yang mengendalikan organisasi unluk menghasilkan prod uk alau jasa yang bermutu. 1S0 9000 juga merupakan sistem mutu yang ideal bagi perusahaan yang bersungguh-sungguh dan berkelar~utan menjalankan sistem im di perusahaannya. Apabila perusahaan secara konsisten menerapkan sistem manajemcn mutu, maka perusahaan dapat mengurangi pemborosan secara terus menerus dan yang ditandai dengan biaya kualilas yang semakin menurun. Penb'1!rangan atau penurunan biaya kualitas dan semakin meningkatnya kuatitas barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan menyebabkan meningkatnya kepuasan konsumen dan meningkatkan pangsa pasar perusahaan sehingga perusahaan akan menghasilkan keuntungan yang semakin tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang digunakan adalah data kualitatif berupa hasit.wawancara dan observasi di lapangan. HasH penelitian menunjukkan bahwa PT. PLN (Perseroj UPPTR Embong Wungu lelah memberikan perhatian pada masalah kualitas dengan diterapkannya kebijakan sistem munajemen mum sesuai dengan siandar yang retah ditetapkan. Dari penerapan tersebUI ternyata berdampak pada biava kualitas yang timbul dalam perusahaan. Dcngan kebijakan penerapan sistem m~najelt\en mutu, para karyawan bekerja sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja yang telah ditclapkan pemsahaan sehingga biaya kualitas khususnya biaya kualitas dalam perusahaan dapal mengalami pcnuruna!1. Dengan penyusunan laporan biaya kU[llitas mdalui kebijakan ISO 90D! dapat diketahui secara pasti biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menghasilkan jasa yang berkualitas sehingg'a manajcmcn rncmperokh infonnasi unluk rnelakukan pengcndalian terhadap biaya kualitas Hal In! mel1u!1Jukkan bahwa kebijakan ctalam penerapan ISO 9001 mempunyai dampak yang pusitif bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANDIASTI HERDIANI, 040137339UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 29 Nov 2016 17:20
Last Modified: 14 Jun 2017 22:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47444
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item