PENYUSUNAN LAPORAN BIAYA KUALITAS DAN EVALUASI EFEKTIFITAS PROGRAM PENGENDALlAN DAN PERBAIKAN KUALITAS DI PT. PAL INDONESIA SURABAYA

ISKANDAR DZULQARNAIN, 040013373 E (2004) PENYUSUNAN LAPORAN BIAYA KUALITAS DAN EVALUASI EFEKTIFITAS PROGRAM PENGENDALlAN DAN PERBAIKAN KUALITAS DI PT. PAL INDONESIA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 160-04 DZU P.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan di dooia bisnis mann ketat, hal ini terjadi baik di pasar dalam negeri maupoo luar negen. Perusahaan dapat melanjutkan hidupnya dalam linglrungan persaingan bisnisnya jika mereka mampu menyediakan produk yang berkualitas pad tingkat harga yang terjangkau. Apalagi jika produk disampaikan dengan cepat ke tangan konsumen akan menambah nilai tambah bagi perusahaan tersebut. Biaya kualitas merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan yang disebabkan oleh adanya produk gagal maupoo biaya ootuk mencegah produk gagal yang terdiri atas biaya pencegahan, penilaian, kegagalan internal dan kegagalan ekstemal. Menyusoo laporan biaya kualitas dan melakukan pengendalian biaya kualitas merupakan salah satu langkah yang dapat diambil perusahaan untuk menciptakan produk berkualitas tinggi dengan biaya paling ekonomis. Menurut Hansen dan Mowen tujuan utama dan laporan biaya kualitas adalah untuk meningkatkan kemampuan dan memfasilitasi manajemen dalam melakukan perencanaan, pengendalian serta dalam pengambilan keputusan. Masih banyak perusahaan-perusahaan manufaktur terutama di Indonesia yang belum menerapkan laporan biaya kualitas, begitu pula PT.P AL sehingga masalah yng diangkat dalam penelitian skripsi ini adalah mengenai manfaat dari Iaporan biaya kualitas dan menilai keefektifan atas program pengendalian dan perbaikan kualitas periode 20002002 di PT.PAL. Laporan biaya kualitas dalam penerapannya dilakuakan dengan tiga pendekatan yaitu : dibandingkan dengan penjualan aktual, laha perusahaan, dan harga pokok penjualan. Pada penelitian ini yang dilakukan di PT.PAL divisi kapal perang analisis biaya kualitas berdasarkan penjualan bersih kemudian dianalissi berdasarkan trend satu tahun dan analisis beberapa tahoo sekaligus yang terakhir mengidentifikasi manfaat yang diperoleh dari penerapan biaya kualitas. Dari hasil analisis biaya kualitas yang dikeluar oleh perusahaan berada pada tingkat optimal berkisar antara 2% -4% mesnpun belum mencapai 2,5% jiak dibandingkan dengan penjualan aktual tiap tahunnya. Untuk tahun 2000, 2001 dan 2002 persentase biaya kualitas dibandingkan dengan penjualan masing-masing adalah 3,3%, 2,8% dan 3,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa program pengendalian dan perbaikan kualitas di PT.PAL periode 2000-2002 sudah efektifjadi kedepannya saran penulis agar PT.P AL dapat menerapkan laporan biaya kualitas secara komprehensif untuk mempermudah menilai d.an mengevaluasi program kualitas yang dijalankan tiap 1'eriodenya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
ISKANDAR DZULQARNAIN, 040013373 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 29 Nov 2016 17:30
Last Modified: 14 Jun 2017 22:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47447
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item