PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PRODUKSI YANG EFEKTIF SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PROSES PRODUKSI (STUDI KASUS PADA PT. WEBER INDAH UTAMA DI GRESIK)

NOVI WIDYANINGSIH, 049916486 (2003) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PRODUKSI YANG EFEKTIF SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PROSES PRODUKSI (STUDI KASUS PADA PT. WEBER INDAH UTAMA DI GRESIK). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 172-04 Wid p.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Weber Indah Utama merupakan suatu perusahaan industri kimia yang menghasilkan produk seperti lem putih, lem kuning. lem pipa PVC, cat tembok, meni, tiner dan pelamir. Saat ini perusahaan menghadapi kekuatan persaingan yang dianggap paling mengancam, yaitu ancaman masuknya pendatang baru dan persaingan diantara para pesaing yang ada. Untuk meningkatkan keunggulan bersaing, PT. Weber Indah Utama memilih strategi diferensiasi yaitu dengan melalui penyerahan barang secara cepat dan tepat waktu dibandingkan pesaingnya. Namun demikian untuk melaksanakan strategi ini, perusahaan menghadapi permasalahan dikarenakan tidak efektifnya sistem informasi yang ada dalam mendukung pengambilan keputusan manajer, sehingga terdapat beberapa order yang tidak dapat dikirim tepat waktu karena tidak tersedianya armada pengiriman atau persediaan barang jadi sesuai dengan order pelanggan. Sistem Informasi Produksi menyediakan informasi bagi perusahaan yang menyangkut jadwal perencanaan produksi berdasarkan ramalan penjualan dan order dari pelanggan, perencanaan dan pembelian bahan baku dan jasa, pencatatan akuntansi biaya dan pengiriman barang jadi ke gudang barang jadi atau langsung dikirim ke pelanggan. Sistem informasi produksi yang dimiliki perusahaan saat ini tidak efektif dalam memberikan informasi yang memadai bagi manajemen untuk melakukan perencanaan, pengkoordinasian serta pengendalian. Untuk mengatasi hal tersebut PT. Weber Indah Utama berencana untuk mengembangkan sistem informasi yang lebih efektif. Sistem informasi produksi PT. Weber Indah Utama belum efektif dikarenakan output yang dihasilkan oleh sistem informasi produksi kurang dimamfaatkan oleh manajemen sebagai alat bantu dalam perencanaan dan pengendalian produksi seperti ramalan penjualan, dan juga terdapat kekurangankekurangan pada subsistem-subsistem sistem informasi produksi PT. Weber Indah seperti subsistem material inventory information system, shipping information system, purchasing information ~yslem dan receiving in/iJrmation system. Oleh karena itu pengembangan sistem informasi produksi PT. Weber lndah Utama sebaiknya dilakukan dengan meninjau kembali sistem yang lama. Hal ini dilakukan dengan meninjau kekurangan-kekurangan subsistem-subsistem sistem informasi produksi yang ada. Dan secara operasional output sistem informasi produksi hendaknya dimamfaatkan oleh manajemen dalam perencanaan dan pengendalian proses produksi. Subsistem shipping inji)rmation system juga hendaknya membuat laporan pengiriman untuk mendukung strategi keunggulan bersaing diferensiasi pengiriman produk ke pelangan secara cepat dan tepat waktu. Laporan jni berisi analisa kinerja pengiriman prod uk dan biaya-biaya pengiriman dan tingkat pengembalian produk dari pelanggan. Analisa kinerja pengiriman produk ini berisi analisa rasio rencana atau jadwal pengiriman produk ke pelanggan dibandingkan dengan waktu pengiriman produk aktual dan juga dibandingkan dcngan waktu pengiriman produk yang dilakukan pesaing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
NOVI WIDYANINGSIH, 049916486UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 29 Nov 2016 17:43
Last Modified: 29 Nov 2016 17:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47452
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item