INTERAKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK SENI REOG SINGO MULYO DAN SONGGO BUWONO ( Studi Deskriptif tentang kerjasama persaingan dan konflik dalam kelompok seni reog di Kelurahan Bangunsari Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo )

ARIS ANDRI PlIRWANTO, 079313985 (1998) INTERAKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK SENI REOG SINGO MULYO DAN SONGGO BUWONO ( Studi Deskriptif tentang kerjasama persaingan dan konflik dalam kelompok seni reog di Kelurahan Bangunsari Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS ANYT 136-98 PUR I.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu hasrat atau keinginan pokok yang dimiliki manusia adalah keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekililingnya yaitu masyarakat. Untuk dapat menghadapi dan menyesuaikan diri dengan masyarakat, manusia akan mempergunakan pikiran, perasaan dan kehendaknya. Dan semuanya itu akan memmbulkan adanya kelompok-kelompok sosiaL Diantara ke\ompok sosial yang terjadi karena sejumlah warga masyarakat mempunyai kebutuhan tertentu. Kebutuhan itu dapat juga berupa keinginan akan berkreasi seni. Salah satunya adalah adanya kelompok seni di Kota Ponorogo, yang dimasyarakat sangat terkenal dengan nama Kelompok Sem Reog Ponorogo. Dalam kelompok seni reog ini tidak berbeda juga dengan kelompok sosial yang lain, salah satu em yang tidak bisa dilepaskan adalah adanya interaksi sosial di antara scsama anggotanya. Di mana setiap interaksi yang terjadi mempunyai bentuk-bentuk tersendiri scsuai keadaan dalam suatu masyarakat atau kelompok. Bentuk interaksi tersebut dapat berupa kerjasama, persaingan dan konflik pada kelompok. Demikian juga yang terjadi pada kelompok seni reng. Berawal dari kenyataan tersebut peneliti ingin mengetahui lebih banyak mengenai bentuk interaksi yang terjadi pada ke1ompok scni rrog. Lokasi penelitian ini adalah di Kelurahan 8angunsari Keeamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Penentuan lokasi ini secara purposive. Penelitian im bertipe deskriptif, dan permasalahan penelitian im akan lebih mudah dipahami dengan menggunakan data yang bersifat kuahtatif. Untuk memperoleh data tersebut dipakai teknik pengumpuJan data melalui eara wawaneara, observasi dan daftar pustaka. Teknik pengambilan sampeJ "Bola Salju" ( Snow Ball Sampling )yang digunakan ini memungkinkan jumlah intbnnan discsuaikan sehingga kebutuhan akan informasi terpenuhi. Dengan teknik pengumpulan data tersebut maka diketahui bahwa keljasama yang ada pada kelompok seni rrog lebih terlihat pada perilaku saling tolong menolong antar anggota. Hal ini tentunya tidak lepas dari eiri khas kehidupan masyarakat Indonesia, yaitu adanya kebersamaan dan kegotongroyongan antar individu dalam bermasyarakat dan berke1ompok Persaingan yang teljadi yaitu persaingan antar individu untuk mencapai suatu pengakuan tertentu dari masyarakat atau pihak luar dalam bidang kescnian reog yang menjadi keahJiannya Sedangkan konflik yang teljadi berawal dari adanya persaingan antar individu dan perbedaan pendapat antar individu dalam berkreasi seni reog. Namun hal scmacam itu dirasakan oleh sebagian warga masyarakat sebagai peristiwa yang biasa teljadi antara kelompok Karena masing-masing individu menyadari keadaan bahwa mereka mempunyai tujuan yang sama dan ikatan daerah yang sarna, faktor inilah yang mampu menimbulkan rasa solidaritas antar individu dalam masyarakat. Sehingga bentuk-bentuk interaksi sosial yang berpengaruh negatif dapat dikurangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 136-98 PUR I
Uncontrolled Keywords: KESENIAN
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
N Fine Arts > NX Arts in general > NX1-820 Arts in general
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
ARIS ANDRI PlIRWANTO, 079313985UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLaurentius Dyson, Dr., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 29 Nov 2016 20:22
Last Modified: 15 Jun 2017 19:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47510
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item