PERUBAHAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP AKSESI REPUBLIK RAKYAT CINA PADA GATT - WTO

ERNA MEIANNA YUDHIANINGSIH, 078614712 (2003) PERUBAHAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP AKSESI REPUBLIK RAKYAT CINA PADA GATT - WTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS HI 01-03 YUD P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menggabungkan Cina ke dalam sistem ekonomi perdagangan global merupakan tantangan kebijakan penting yang dihadapi oleh Amerika Serikat. Haruskah Amerika Serikat memandang Cina sebagai partner yang strategis, musuh yang potensial, saingan ekonomi, ataukah gabungan dari kategori lainnya. Fakta menunjukan bahwa, berakhimya Perang Dingin telah mengubah konfigurasi kekuatan dunia dimana kegiatan perekonomian perdagangan telah semakin mendominasi di dalam kebidupan masyarakat intemasional. Dan Cina, --merupakan negara besar di kawasan Asia --yang disebut-sebut sebagai negara berkemungkinan tampil memegang kekuatan dominan (dominant power) dalam percaturan ekonomi dunia pada dekade mendatang. Berdasarkan realitas ini maka, penting bagi Amerika Serikat untuk meninjau kembali kebijakannya terhadap Cina sehubungan dengan penggabungan Cina ke dalam WTO, --suatu sistem perdagangan internasional, suatu komunitas ekonomi intemasional, dan suatu komunitas hukum peraturan internasional--. Skripsi ini menjelaskan mengapa Amerika Serikat pada akhimya mau mengubah kebijakannya sehubungan dengan pencapaian keanggotaan Cina pada WTO (China Accession to WTO). Yakni yang awalnya menentang atau tidak mendukung dengan bertindak sebagai penghambat di dalam proses akses, namun kemudian mengubah kebijakannya yang anti Cina tersebut dengan sikap yang pragmatis dalam hubungan yang komprehensif. Penelitian ini bersifat eksplanatif. Sebagai unit analisis atau variabel dependennya adalah, perubahan kebijakan luar negeri Amerika Serikat terhadap aksesi Cina. Sedangkan unit eksplanasi atau variabel independennya adalah, faktorfaktor yang mempengaruhi perubahan kebijakan Amerika Serikat terhadap aksesi Cina, baik faktor internal yang berupa kepentingan nasional Amerika Serikat maupun ektemal yang berupa kondisi sistem intemasional. Untuk menjelaskan fenomena tersebut digunakan teori kebijakan luar negeri pada kerangka teoritiknya, serta konsep kepentingan nasional Amerika Serikat yang berupa kepentingan ekonomi perdagangan dan regional, guna menganalisis perubahan kebijakan luar negeri Amerika Serikat atas penggabungan Cina pada WTO. Hipotesis yang dikemukakan adalah: Dalam menyikapi proses pencapaian keanggotaan Cina pada WTO, Amerika Serikat telah melakukan perubahan yang signifikan baik dalam hal pandangan, sikap, tindakan, maupun kebijakannya yakni, dari yang semula tidak mendukung berubah mendukung, dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternalnya. Asumsinya, kondisi domestik Cina telah berubah secara dramatis pasca reformasi modernisasi, dan menjadikannya sebagai salah satu kekuatan utama ekonorni dunia yang patut untuk diperhitungkan. Dengan kondisinya tersebut, keterlibatan Cina dalam komunitas perekonomian global diyakini akan membawa implikasi yang sangat besar di dalam peta perdagangan dunia terutama bagi kepentingan nasional Amerika Serikat. Analisis yang dilakukan berdasarkan data-data yang ada menguatkan pembuktian terhadap bipotesis penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FI HI 01-03 YUD P
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATION
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
ERNA MEIANNA YUDHIANINGSIH, 078614712UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLilik Salamah, Drs. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 29 Nov 2016 21:13
Last Modified: 15 Jun 2017 19:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47522
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item