FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG CHINA BERGABUNG DENGAN WTO

FARICHA KUSUMASTUTIK, 079414565 (2003) FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG CHINA BERGABUNG DENGAN WTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS HI 04-03 KUS F.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak reformasi ekonomi dijalankan, China mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. DUihat dari berbagai perhitungan, lingkup dan kecepatan pertumbuhannya sangatlah mengesankan. Sejak reformasi itu pula sikap politik luar negeri China lebih bersifat moderat bila dikaitkan dengan kesetiaan China untuk bekerjasama dengan negara-negara eksplanati, penetitian ini mengajukan permohonan bagi hubungan kausal antar vaiabel-variabel melalui hipotesis dengan dibantu dengan pendekatan dan teori yang relevan. Dalam penelitian ini digunakan beberapa pendekatan dan teori yang befungsi sebagai alat analisis. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan ekonomi-poLltik, sedangkan teori yang digunakan adalah teori kebijakan luar negeri, dan satu konsep kepentingan nasional juga digunakan sebagai alat analisis. Berdasarkan data yang telah dianatisis dengan menggunakan alat analisis tersebut, maka hasil yang didapat adalah bergabungnya China dengan WTO didasari oleh beberapa alasan yaitu adanya kepentingan ekonomi-politik China atas keanggotaan WTO diantaranya yaitu untuk meningkatkan modemisasi ekonominya dengan menarik lebih banyak investasi asing, untuk lebih berperan aktif dalam organisasi WTO (turut perperan dalam membuat aturan-aturan dagang WTO), dan menciptakan hubungan baik dengan AS untuk mempermudah pemberian status MFN permanen. Dengan semakin tergantungnya China pada pertumbuhan yang didorong oleh perdagangan intemasional, China harus beradaptasi dengan peraturan dan perjanjian intemasional yang direpresentasikan oleh WTO. Reformasi ekonomi yang menyebabkan perubahan struktur ekonomi China mengharuskannya untuk mendapatkan akses yang lebih besar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 04-03 KUS F
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATION
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
FARICHA KUSUMASTUTIK, 079414565UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorT. Soedjadino, Drs. , M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 29 Nov 2016 22:20
Last Modified: 15 Jun 2017 22:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47564
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item