ANALISIS ABNORMAL RETURN SEBAGAI RESPON PASAR TERHADAP PENGUMUMAN LEVERAGE KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DI BEJ

HENDRO WIRATMOKO, 040114188E (2003) ANALISIS ABNORMAL RETURN SEBAGAI RESPON PASAR TERHADAP PENGUMUMAN LEVERAGE KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DI BEJ. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 162-03 Wir a.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian Uri menguji reaksi barga saham yang tercermin pada pendapatan abnormal saham, terhadap pengumuman leverage keuangan perusahaan manufaktur yang dimuat dalam 1aporan keuangan, serta men~li apakah terdapat perbedaan pendapatan abnonnal Sallatll (AAR dan CAAR) atltara ke1ompok perusahaan dengan leverage keuangan meningkat dan kelompok pernsahaan dengan leverage keuangan menurun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan event study dengan menggunakan data sekunder berupa barga saham barian pernsabaan sampel dan IHSG, dengan periode penelitian tabun 1997-1998. Event yang digunakan dalam penelitian ini adalab pengumuman laporan keuangan tabunan pernsahaan manufaktur untuk tahun buku 1998. Penelitian Uri menggnnakan sampel perusabaan manufaktur yang go public di BEJ sebanyak 30 perusahaan. yang terbagi atas perusahaan dengan leverage keuangan meningkat sebanyak 16 perusahaan dan perusahaan dengan leverage keuangan menurun sebanyak 14 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pasar bereaksi positif terhadap pengum:uman leverage keuangan perusahaan, dengan nilai AAR yang signifikan terjadi pada h-lO, h+l, h+2, h+4 dati h+7. sedangkan nilai CAAR yang signifikan terjadi pada h-14 sampai dengan h+ 15. Penelitian ini juga membuktikan bahwa terdapat perbedaan pendapatan abnormal· saham antara perusahaan yang mengumumkan leverage keuangan menlngkat dan perusabaan yang mengumumkan leverage keuangan menurun. Perbedaan nilai AAR yang signifikan terjadi pada h+ 1. sedangkan perbedaan nilai CAAR l yang signifikan terjadi pada b-lO, h-2 sampai dengan h+15, dengan nilai t hitung AAR dan CAAR seluruhnya negatif. Dari hasil penelitian diatas, menunjukkan bahwa pasar bereaksi positif terhadap informasi leverage keuangan perusahaan, Natnun pendapatan abnormal sabam perusahaan yang mengtunumkan leverage keuangan meningkat lebih rendab dibandingkan pendapatan abnormal saham perusahaan yang mengumumkan leverage keuangan menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 162/03 Wir a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: FINANCIAL LEVERAGE, BURSA EFEK, STOCK
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
HENDRO WIRATMOKO, 040114188EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI MADE SUDANA, Drs., Ec., MSUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 29 Nov 2016 22:34
Last Modified: 29 Nov 2016 22:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47574
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item