PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP TINGKAT PENCAPAIAN TARGET PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR YANG DIMEDIASI OLEH KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI PADA DINAS PENDAPATAN PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2010-2013)

MERIA PURNAMA WIDJAYA, 040913253 (2014) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP TINGKAT PENCAPAIAN TARGET PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR YANG DIMEDIASI OLEH KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI PADA DINAS PENDAPATAN PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2010-2013). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-purnamawid-30215-5.abstr-.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap tingkat pencapaian target penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor pada tahun 2010-2013. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan publik yang diukur menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat pencapaian target penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, sedangkan kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor sebagai variabel intervening diukur berdasarkan persentase obyek pajak yang tepat waktu melakukan pendaftaran ulang. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur beserta SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) sebagai unit pelayanannya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan tekhnik analisis jalur. Hasil uji hipotesis langsung menunjukkan kualitas pelayanan publik berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor, kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pencapaian target penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, dan kualitas pelayanan publik berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat pencapaian target penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor. Hasil uji hipotesis tidak langsung menunjukkan kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor tidak bisa memediasi pengaruh Kualitas pelayanan publik terhadap tingkat pencapaian target penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 45 / 14 Wid p
Uncontrolled Keywords: PAJAK
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MERIA PURNAMA WIDJAYA, 040913253UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Ningsih, , SE., M.Si., Ak.,UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 06 Mar 2014 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 01:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4758
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item