KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP PROSES REFORMASI EKONOMI DAN POLITIK RUSIA(1993-2000)

WENNY ELVIRA CH. N., 079414304 (2003) KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP PROSES REFORMASI EKONOMI DAN POLITIK RUSIA(1993-2000). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS HI 05-03 WEN K.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PeJjalanan reformasi ekonomi-politik Rusia menuju negara yang demokratis dan berperekonomian pasar bebas mengalami pasang surut, hambatan-hambatan yang beragam dan hasilnya tidak sesuai dengan pengharapan yang ada. Semakin sulitnya keadaan perekonomian Rusia membuat dukungan masyarakat terhadap refonnasi dan kelompok refonnis semakin menurun, dan meningkatkan dukungan terhadap kelompok kontra refonnasi maupun yang menginginkan pelambatan upaya refonnasi. Kelompok komunis dan ultra-nasionalis merupakan kekuatankekuatan lama masa US yang diuntungkan oleh situasi yang ada. Menguatnya kelompok ini turut memberi pengaruh pada kebijakan luar negeri Rusia, yang semula berorientasi pada Barat dan AS, menjadi lebib nasionalistik dan asertif. Dengan demikian AS mempunyai kepentingan yang besar terhadap perkembangan refonnasi ekonomi dan po1itik di Rusia. Untuk menjelaskan kebijakan luar negeri AS terhadap perkembangan refonnasi ekonomi dan politik Rusia, penulis menggunakan teori kebijakan luar negeri, kepentingan nasional, image dan strategi. Konsep kepentingan nasional dipakai untuk menjelaskan kepentingan-kepentingan AS terhadap proses refonnasi tersebut. Teori image dipakai untuk mengetabui persepsi AS terhadap Rusia yang mempellgaruhi setiap pengambilan keputusan AS terhadap Rusia. Sedangkan teori strategi dipakai untuk mengetahui cara atau strategi yang diambil AS dalam kebijakan )uar negerinya terhadap proses refonnasi ekonomi dan politik Rusia. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatif, yaitll penulis berusaha menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Sedangkrul data diperoleh melalui studi kepustakaan dan dianalisis secara kualitatif. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa kebijakan luar negeri AS terhadap perkembangan proses refonnasi ekollomi dan politik Rusia dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kepentingan politik-keamanan dan kepentingan ekonomi dalam negeIi AS; dan faktor eksternal yaitu memelihara stabilitas negara-negara CIS drul kawasan Eropa pada umumnya. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa kebijakan luar negeri AS untuk tetap terlibat (engaged) dalam refonnasi ekonomi dan politik Rusia dilakukan dengan memanfaatkan sarana bantuan ekonomi, baik secara bilateral dan terutama melalui organisasi ekonomi dan finansial internasional, maupun melalui pemberian dukungal.1 politik. Kebijakan tersebut dipangaruhi oleb persepsi nasional AS terhadap ideologi dan kekuatan-kekuatan lama masa US, oleh kepentingan ekonomi AS, dan oleh kepentingan politik-keamanan AS. Untuk hal yang terakhir tersebut, hipotesis yang diajukan tidak terbukti sepenubnya, karen a temyata kepentingrul AS adalah untuk mendukung tokoh ataupul1 golongan tertentu di Rusia yang dianggap lebih mendukung pencapaian kepentingankepentingan AS, dan bukannya untuk penyebaran nHai-niiai demokrasi dan pasar bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 05-03 WEN K
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
WENNY ELVIRA CH. N., 079414304UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorT. Soedjadino, M.A., Drs. , M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 29 Nov 2016 23:00
Last Modified: 18 Jun 2017 20:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item