PERBEDAAN MOTILITAS, DAYA HIDUP, DAN RASIO HIDUP SPERMATOZOA X DAN SPERMATOZOA Y SAPI PERAH SETELAH DIPAPAR DBNGAN SINAR ULTRAVIOLET PANJANG GELOMBANG PENDEK

KURNIA CANDRA WIDYANTI, 0699 1 2696 (2004) PERBEDAAN MOTILITAS, DAYA HIDUP, DAN RASIO HIDUP SPERMATOZOA X DAN SPERMATOZOA Y SAPI PERAH SETELAH DIPAPAR DBNGAN SINAR ULTRAVIOLET PANJANG GELOMBANG PENDEK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 87-05 WID P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh paparan sinar ultraviolet panjang gelombang pendek ( shortwave) terhadap penurunan rasio hidup spermatozoa X dan spermatozoa Y sapi perah Friesian holstein dengan memperbandingkan 3 ( tiga ) maeam jarak paparan yang berbeda. Pada peneIitian ini digunakan semen segar dari satu ekor sapi perah Friesian Holstein dengan penambahan diluter susu dan kuning telur. Sampel dibagi me~jadi 4 ( empat ) kelompok yaitu kelompok kontrol ( PO), kelompok perlakuan I ( PI ) dengan jarak paparan 10 em, kelompok perlakuan II ( P2 ) dengan jarak paparan 30 em, dan kelompok perlakuan III ( P3 ) dengan jarak paparan 50 em. Pewamaan ulas spermatozoa dengan menggunakan zat wama eosin negrosin untuk melihat daya hidup dan menghitung mikrobiometri kepala spermatozoa yang meniadi penentu jenis spermatozoa X dan Y. Lampu ultraviolet ( UV ) yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lampu ultraviolet dengan panjang gelombang pendek ( 254 nm ) jenis TL dengan daya 15 W produksi Phillips. Semen yang telah diperiksa seeara makroskopis dan mikroskopis tersebut diambil dengan pipet pasteur dan diteteskan sebanyak 1 2 ml ke dalam masing -masing tiga tissue culture dish ( TCD ) untuk ketiga perlakuan PI, P2, dan P3, kemudian diletakkan di dalam kotak yang telah terpasang lampu ultraviolet ( UV ) dan di pasang timer selama 10 menit. Lakukan pemeriksaan mikroskopis lagi kemudian tambahkan 4 -5 ml media BO, sentrifugasi dengan keeepatan 2000 rpm selama 15 menit. Tambahkan 1 -2 ml TCM pada pellet yang digunakan untuk pemeriksaan. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskriptif berupa persentase spermatozoa yang motil, spermatozoa yang hidup dan ukuran mikrobiometri panjang x lebar kepala spermatozoa sebagai penentu spermatozoa X dan spermatozoa Y. Kemudian dianalisis dengan Anova satu arah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan telah teIjadi penurunan motilitas ( p<0,05 ) dan daya hidup dari spermatozoa ( p<O,05 ). Pada pemeriksaan mikrobiometri didapatkan persentase rasio hidup spennatozoa pembawa kromosom X dan spermatozoa pembawa kromosom Y paling kecil pada jarak paparan 10 em (p<O,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR1-502 Microbiology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
KURNIA CANDRA WIDYANTI, 0699 1 2696UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKuncoro Puguh Santoso, M.Kes., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Nov 2016 23:24
Last Modified: 18 Jun 2017 21:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47595
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item