PENERAPAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN UNTUK MEMBANTU MANAJEMEN MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM MENETAPKAN BARGA JUAL PADA PT. PUSPETlNDO GRESlK ENGINEERING AND MANUFACTURING OF PLANT EQUIPMENTS

EDY SUGIYANTO, 049922942E (2003) PENERAPAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN UNTUK MEMBANTU MANAJEMEN MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM MENETAPKAN BARGA JUAL PADA PT. PUSPETlNDO GRESlK ENGINEERING AND MANUFACTURING OF PLANT EQUIPMENTS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 164-04 SUG P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyediaan sistem infonnasi pemasaran yang tepat dilakukan untuk membantu manajemen membuat keputusan yang terbaik, menyeluruh dan dapat dipertanggungjawabkan. Sistem infonnasi pemasaran (Marketing Information System-MKIS) merupakan suam sistem berbasis komputer yang bekerja sarna dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk perusahaan (McLeod, 2001:450). Sistem informasi pemasaran PT. Puspetindo, belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk diolah menjadi informasi sebagai acuan dasa.r kebijakan pemasaran perusahaan. A1dbanlya setiap pengambilan keputusan pemasaran masih belum memberikan implikasi yang relevan terhadap tujuan pemsabaan. Manajemen dihadapkan pada kenyataan bahwa ketersediaan inforrnasi yang relevan sangat terbatas. Sistem intelijen pemasaran Departemen Pemasaran PT. Puspetindo kurang berfungsi maksimal, kebijakan Departemen Pemasaran dalam perkiraan, belum sepenuhnya disertai perhitungan yang akurat mengenai kondisi persaingan industri produk-produk sejenis yang diproduksi oleh perusahaan pesaing di pasar. Beberapa penawaran (tender) yang diajukan, masib mengalami kegagalan yang diakibatkan harga yang ditetapkan PT. Puspetindo lebih tinggi dibandingkan barga juaI perusahaan pesaing (Data Intern. 2001-2002) diakibatkan kurangnya data bargajuaI produk perusahaan pesaing. Penelitian ini berjudul : "Penerapan Sistem Informasi Pernasaran Untuk Membantu Manajemen Mengambil Keputusan Dalam Menetapkan Harga JuaI Pada PT. Puspetindo Gresik Engineering and Manufacturing of Plant Equiprnents", dengan rumusan masalah : "Bagaimana sistem informasi pemasaran, khususnya mengenai subsistem harga pada PT. Puspetindo ? Apakah subsistem harga berdasarkan sistem informasi pemasaran dapat membantu PT. Puspetindo menyediakan infonnasi untuk mengambil keputusan mengenai harga juaI yang bersaing dengan mernasukkan subsistem intelijen pemasaran sebagai input sistenmya ? Dari basil penelitian penerapan sistem inforrnasi pemasaran untuk membantu manajernen mengambil keputusan dalam menetapkan harga juaI pada PT. Puspetindo, sangat bermanfaat dan dapat menunjang dalam kebijakan strategi pemasarannya yang berusaha sebagai pemimpin pasar (leader market) terhadap kompetitornya di pasar yang semakin kompetitif dalam mengunggulkan jenis produknYli. Hasil pembahasan penelitian pada kasus PT. Puspetindo ini disarankan untuk mencoba menerapkan sistem pemasaran berbasis komputer atau sistem informasi pemasaran, sehingga semua data yang diperoleh diolah secara computerized dan Manajer Pemasaran dapat memperoleh inforrnasi lebib cepat, lebib bervariatif sesuai kebutuhan yang akan mempercepat proses pengambilan keputusan Manajer Pemasaran PT. Puspetindo Gresik Engineering and Manufacturing of Plant Equipments.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 164/04 Sug p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: INFORMATION STORAGE, RETRIEVEL SYSTEM, MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
EDY SUGIYANTO, 049922942EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDEBBY ItATNA DANIEL, DR. rer. pol. , SE. Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 29 Nov 2016 23:30
Last Modified: 18 Jun 2017 21:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47598
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item