RANCANGAN SISTEM RESERVASI SERVICE BERDASARKAN MARKETING INFORMATION SYSTEM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN SERVICE PADA AUTO 2000 CABANG KERTAJAYA SURABAYA

INTAN PERTIWI MAHLIATI, 041113384 (2014) RANCANGAN SISTEM RESERVASI SERVICE BERDASARKAN MARKETING INFORMATION SYSTEM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN SERVICE PADA AUTO 2000 CABANG KERTAJAYA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-mahliatiin-30218-5.abstr-k.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4761.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Reservasi mempunyai peranan penting dalam kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang jasa. Auto2000 cabang Kertajaya merupakan perusahaan jasa yang memanfaatkan reservasi dalam memperoleh pendapatan khususnya pelayanan service kendaraan. Namun sistem reservasi yang berjalan belum terkelola dengan sebaik mungkin sehingga menyebabkan tingkat pelanggan yang batal untuk datang melakukan service setelah reservasi paling tinggi jika dibandingkan dengan cabang auto2000 lain seJawa Timur sehingga perusahaan kehilangan kesempatan mendapatkan pendapatan yang seharusnya diterima. Pihak manajemen telah berupaya meminimalisir pelanggan yang batal datang melakukan service setelah reservasi dengan mengingatkan pelanggan satu hari sebelum kedatangan, namun upaya tersebut belum dapat menanggulangi permasalahan tersebut dengan dibuktikan bahwa prosentase pelanggan yang batal datang melakukan service setelah reservasi hanya berkurang sebesar 1%. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif eksploratoris dengan desain penelitian studi kasus. Data yang didapatkan melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi dari beberapa pihak yang terkait dengan obyek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem reservasi berdasarkan Marketing Information System yangdiharapkan mampu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan terutama dalam memaksimalkan perolehan pendapatan. Romney dan Steinbart (2005) menyatakan pada dasarnya siklus pendapatan merupakan komponen penting dalam sebuah perusahaan dikarenakan tujuan perusahaan sendiri adalah menyediakan barang dan jasa untuk pelanggannya dan kemudian memperoleh timbal balik berupa pendapatan. Oleh karena itu diharapkan dengan perancangan sistem reservasi yang berdasarkan marketing information system mampu memaksimalkan pendapatan yang diterima perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 48 / 14 Mah r
Uncontrolled Keywords: MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
INTAN PERTIWI MAHLIATI, 041113384UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDebby Ratna Daniel, Dr. rer. pol ., AkUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 06 Mar 2014 12:00
Last Modified: 12 Jul 2017 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4761
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item