ANALISIS ANGKA PENGGANDA UANG LUAS (BROAD MONEY MULTIPLIER) SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA PERIODE 1983 -1998

DANU ISWARA, 049515049 (2001) ANALISIS ANGKA PENGGANDA UANG LUAS (BROAD MONEY MULTIPLIER) SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA PERIODE 1983 -1998. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 17-01 Isw a.pdf

Download (931kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebegitu jauh banyak yang menganggap bahwa jumlah uang beredar (money supply) ditentukan dan ditetapkan oleh bank sentral. Pada umumnya, bank sentral dapat menetapkan jumlah uang beredor dengan lepat. tetapi ia tidak menetapkannya secara langsung. Terdopat tiga unsur yang berintera'ksi dalam menentukan jumlah uang beredar. Stok uang beredar ditetaplcan oleh bank sen/raJ dengan melalui pengendalian terhadap uang primer. Selain itu unsur masyaralcat melalui preferensi terhadap bentuic portofolio yang dimiliki dan dunla perbankan melalui perilalcu pemililcan cadangannya juga menentulcan stok uang beredar. Duo ;,;nsur yang terath;r mempengaruhi terhadap mwtiplier (angka pengganda) uang. Jumlah uang beredar sendiri b;sa dilihat sebagal hasil lntera'ksl anlara multiplier uang (m) dengan uang primer (B). yang merupakan dasar terciptanya uang beredar. sehingga M = m.B. Multiplier uang pada dasamya d;pengaruhi oleh berbagai falctor yang mencerminkan kebiasaan atau perilalcu masyaralcat dolam memegang uang. perilalcu pengelolaan dana perbanlcan, maupun kebijakan otoritas moneter dalam usaha mengendalikan jumlah uang beredor. Dalam perkembangan moneter Indonesia, telak terjadi kenailon multiplier M1 yang dramastis setelah liberalisasi selctor keuangan (pa!cjun '83). Kenailon multiplier M1 semakln Udale terkendali setelah otoritas moneter menurunkan rasio cadangan wajib minimum dari 15% ke 2% pada bulan Olctober 1988, dan kembali stabil setelah tahun 1993. Hal in; menunjukan, serelah liberalisasi sektor keuangan. semakin berperannya perilaku masyaralot dan perbankan mempengaruhi multiplier M2 dan selanjutnya mempengaruhi jumlah uang beredar. Mengenai faklor-faktor yang mempengaruhl multiplier M2, diindeti.fikasilcan ierdapa£ 5 variabel yang mcmpengaruhi multip!ier cang. yam;; tingkat bunga deposito berjanglo dan PDB rill .'ndonesia yang mempengaruhi masyarakat dalam memegang portofolionya dan tingkal bunga pinjaman. lingkat bunga pasar uang antarbank dan cadongan minimal bank yang mempengaruhi perilaku perbankan dalam menenlukan jumlah cadangan yang dUnginkan. Ternyata dari hasil penelitlan, faklor lingkal PDB rill dan rasio likuidilas wajib minimum merupakan faklor penling dalam mempengaruhi multiplier M2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 17/01 Isw a
Uncontrolled Keywords: MONEY SUPPLY
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG201-1496 Money
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
DANU ISWARA, 049515049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSAMEKTO HARTOJO, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Nov 2016 01:59
Last Modified: 30 Nov 2016 01:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47658
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item