EVALUASI TRANSFORMASI TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER : PARADOKS SOCIO-CYBERNETICS PADA METODOLOGI PEMBENTUKAN SISTEM INFORMASI DI KANTOR PUSAT PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III, SURABAYA

AULIA NUGRAHA, 049514885 (2000) EVALUASI TRANSFORMASI TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER : PARADOKS SOCIO-CYBERNETICS PADA METODOLOGI PEMBENTUKAN SISTEM INFORMASI DI KANTOR PUSAT PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III, SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 173-03 Nug e.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan menjelaskan "Evaluasi Transfonnasi Teknologi Sistem Informnasi Ilerbasis Komputer : paradoks Socio-Cybernetics pada Metodologi Pel1lbcntukan Sistem Informasi di Kantor Pusat PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III. Surabaya". Pcnclitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif Pendekatan yang digunakan adalab dengan salah satu model dan metodologi non positivis, yaitu secara e'hllo~raphic pada sebuah BUMN yaitu PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III yang hcmsaha mcningkatkan pelayanan menjadi pelabuhan kelas dunia. Usaha ini tentunya lllcmbutuhkan pembahan di berbagai 'bagian perusahaan terutama perbaikan aliran informasi melalui transfonnasi teknologi sistem informasi yang berbasis komputer. -.. -. . Metodologi juga dikenal sebagai konsep dilematls dan kontroverslal dalam pengembangan sistem. Semua pihak menyadari keuntungan yang ditawarkan dengan menggunakan metodo)ogi dalam pengembangan sistem. Tapi riset menunjukkan buhwa hanya sl!bagian kccil dari proyek-proyek Tl yang menggunakan metodologi. Penelitian ini mengungkap bahwa pada sektor publik, khususnya di Kantor Pusat PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III, Surabaya transfonnasi teknologi sistem informasi ini hanya mengikuti tren perkembangan jaman yang didominasi oleh kebutuhan akan komputcr dan internl!t. Mclalui pcnclitian ini akan dilakukan analisis metodologis yang ada di dalam perusahaan. Penclitian ini akan melaporkan transformasi teknologi yang terjadi di dalam perusahaan khususnya di dalam departemen sistem informasi Kantor Pusat PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III, Surabaya yang kurang didukung o)eh sumber daya manusia yang mencukupi kemampuannya dan belum digunakannya metodologi yang sesuai dalam transfonnasi teknologi sistem informasinya. Analisis meliputi efek metodologi pada trasformasi teknologi sistem informasi yang seharusnya tidak diremehkan karena hal itu merupakan perubahan radikal terhadap strategi organisasi yang akan mendorong perubahan budaya perusahaan daJam jangka panjang. . Akhirnya pcnclitian ini menyimpulkan perlunya perbaikan terhadap kualitas sumber day a manusia yang ada sekarang agar dapat mendukung berjalannya sistem yang telah ada. misalnya melaJui seminar-seminar dan diklat-diklat dengan topik terkait yang rdevan dcngan perl11asalahan sistem yang ada. Selain itu belum adanya metodologi baku di Kantor Pusat PT. (Persero) Pelabuhan indonesia 111, Surabava merupakan Ihktor yang krusial bagi pengembangan sistem di masa yang akan data~g, Oleh ~arcnanya pcr~u dibangun suatu mctodologi baku yang mendukung kcgiatan strategls dan operaslOllul PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III Surabaya, karcna pcnggunaan ~lctodologi yang scsuai akan dapat digunakan scbagai c:heckin}!-poinl u.ntuk mcyakll1ka~ bahwa langkah-Iangkah yang direncanakan dalam pcngembangan slstem sudah mellbatkan langkah-Iangkah yang diperlukan untuk mcnghindari resikoresiko pengembangan sistc:m.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
AULIA NUGRAHA, 049514885UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 30 Nov 2016 16:58
Last Modified: 18 Jun 2017 22:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item