IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KOTA LAYAK ANAK(STUDI DESKRIPTIF TENTANG KLUSTER PERLINDUNGAN KHUSUS DI KOTA SURABAYA)

MIFTAKHUL PRASTYA KURNIAWAN, 071211131097 (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KOTA LAYAK ANAK(STUDI DESKRIPTIF TENTANG KLUSTER PERLINDUNGAN KHUSUS DI KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MIFTAKHUL PRASTYA KURNIAWAN - 071211131097.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana Implementasi Kebijakan Kota Layak Anak dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Hal ini didasari oleh Peraturan Daerah No. 6 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak di Kota Surabaya. Dalam salah satu kluster Kota Layak Anak yaitu perlindungan khusus adalah upaya untuk mencegah dan menangani anak – anak yang membutuhkan perlindungan khusus seperti korban kekerasan, korban penelantaran, korban pemerkosaan, anak jalanan, anak – anak yang dijual, dan anak – anak yang dilacurkan dan kasus yang melanggar hak anak lainnya. Berdasarkan realita tersebut, maka rumusan masalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kebijakan Kota Layak Anak pada kluster perlindungan khusus di Kota Surabaya dan faktor - faktor yang mempengaruhinya sesuai dengan teori Edward III dan Grindle. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan secara purposive sampling. Teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Implementasi Kebijakan Kota Layak Anak di Kota Surabaya pada Kluster Perlindungan Khusus belum berjalan dengan maksimal, karena masih banyaknya anak jalanan dan anak terlantar yang masih ada di jalanan Kota Surabaya. Tingkat kejahatan kepada anak seperti trafficking, pencabulan dan kekerasan seksual juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dilihat dari faktor komunikasi terdapat koordinasi yang baik tetapi dari segi sosialisasi masih kurang. Namun masih terdapat sedikit kekurangan dari segi sumber daya yaitu di sumber daya pelaksana, sumber daya fisik dan anggaran, untuk sumber daya informasi dan wewenang dapat dikatakan sudah diimplementasikan dengan baik. Dilihat dari Disposisi para pelaksana kebijakan sudah cukup baik kinerjanya. Pada struktur birokrasi, baik pada SOP maupun fragmentasi semuanya berjalan dengan sangat baik. Kebijakan Kota Layak Anak bermanfaat untuk kelompok sasaran yang dituju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 88/16 Kur i
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Kota Layak Anak, Perlindungan Khusus, Anak, Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 6 Tahun 2011
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MIFTAKHUL PRASTYA KURNIAWAN, 071211131097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorR WAHYUNI TRIANA, DRA.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2016 17:13
Last Modified: 18 Jun 2017 22:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47685
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item