PENGGUNAAN METODE VARIABLE COSTING SEBAGAI DASAR UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN HARGA JUAL PRODUK (STUDI KASUS PADA PT."X" DI SURABAYA

OKALIA DWI ARFIANA, 040036995 (2003) PENGGUNAAN METODE VARIABLE COSTING SEBAGAI DASAR UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN HARGA JUAL PRODUK (STUDI KASUS PADA PT."X" DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 180-03 Arf p.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif untuk dapat terus bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Agar produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat b~rsaing, maka suatu perusahaan harus manlpu menentulcan strategi harga jual produk yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan. PT. "X" adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pesanan sehingga sebagian besar produknya yang berupa komponen-komponen dasar me sin memiliki spesifikasi khusus sesuai dengan yang diinginkan oleh pemesan. Saat ini PT. "X" menghadapi kendala dalam menentukan strategi harga jual produknya. PT. "X" ingin menurunkan harga jual produknya tetapi tidak dapat mengetahui sampai seberapa jauh harga jual produknya hOleh turun. Hal ini menuntut perusahaan untuk segera mengambil keputusan mengenai penentuan harga jual produk. Salah satu cara yang bisa digunakan oleh perusahaan adalah menggunakan perhitungan biaya produksi dengan metode variable costing-dimana dalam metode ini dilakukan pemisahan biaya-biaya berdasarkan perilaku biaya menjadi biayabiaya tetap dan biaya-biaya variabel. Adapun metode pemisahan biaya yang digunakan adalah: 1) Metode titik rertinggi dan terendah (the high and low point method), 2) Metode scattergraph statistik (the statistical scattergraph method), 3) Metode least squares (the method of least squares). Dari ketiga metode tersebut, penulis menggunakan metode yang ketiga yaitu metode leasi squares karena metode ini paling baik diantara kedua metode yang lain. Ketepatannya mendorong tingkat obyektiv itas yang lebih tinggi dan menghilangkan penyimpangan dalam hasil perhitungan. Setelah dilakukan pemisa.;an biaya-biaya menjadi biaya-biaya tetap dan biaya-biaya variabel, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan analisis biaya reI evan yaitu analisis biaya untuk memisahkan antara biaya yang rei evan dan biaya tidak relevan dalam pengambilan keputusan untuk menerima atan menolak pesanan khusus, yang kemudian digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan harga jual produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari perusahaan, baik melalui observasi dan wawancara dengan pihak yang terkait, dan data sekunder yang berupa swnber-swnber tertulis. Baik data primer dan data sekunder dianalisis dengan tehnik kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui sampai seberapa jauh harga jual produk boleh turun, dimana di dalam penurunan harga jual tersebut dapat mengurangi kerugian perusahaan walaupun sedikit. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan mctode variable costing membawa dampak yang positifbagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
OKALIA DWI ARFIANA, 040036995UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 30 Nov 2016 17:30
Last Modified: 30 Nov 2016 17:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47699
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item