ANALISIS HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT INAP RUMAH SAKlT HAJI SURABAYA

ELLY KHUSNUL CHOTIMAH, 040123656/E (2004) ANALISIS HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT INAP RUMAH SAKlT HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk B 126.04 Cho a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Haji Surabaya adalah Organisasi yang bekerja dalam bidang pelayanan jasa kesehatan, Uutuk lebih meningkatkan pelayanan perlu adanya suatu kondisi lingkungan kerja yang baik dan nyaman, agar perawat dapat bekerja dengan baik dan sebagai kontrol dan penanggungjawab dari kinerja para perawat diperlukan kepala perawat sebagai pengawas dan penanggung jawab. Kebijakan dan gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala perawat ini akan berpengaruh terhadap kinerja perawat, apa kinerjanya meningkat atau menurun bahkan perawat mengalami burnout atau bentuk kelelahan fisik, mental dan emosional. Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala perawat dengan burnout yang dialami olen perawat makea dalam penelitian ini memiliki judul yaitu Analisis hubungan gaya kepemimpinan dengan Burnout pada perawat Inap Rumah Sakit Haji Surabaya. Untuk menganalisis hubungan gaya kepemimpinan burnout dengan gaya kepemimpinan digunakan metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan untuk pengujian hipotesis digunakan perhitungan statistik korelasi product moment tentang hubungan antara variabel-variabel yang diteliti dan diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS 11,00. Setelah dilakukan perhitungan maka diperoleh nilai r sebesar 0,834 mendekati 1 berarti mempunyai hubungan yang kuat dan positif, antara gaya kepernimpinan dengan burnout. Dan dari hasil nilai r tersebut kita dapat menguji signifikan dengan menggunakan pengujian hipotesa. Dari hasil pegujian hipotesa tersebut didapat nilai t hitung sebesar 13,7705 dengan df= 83 dan alfa=0,025 dimana lebih besar dari nilai t tabel =1,96" sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara gaya kepemimpinan dengan burnout, Gaya kepemimpinan yang diterapkan di Rumah Sakit Haji adalah gaya kepemimpimm partisipatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: leadership. hospital, nursing
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELLY KHUSNUL CHOTIMAH, 040123656/EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPraptini Yulianti, Dra. Ec., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 30 Nov 2016 17:59
Last Modified: 30 Nov 2016 17:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47702
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item