PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI BERDASARKAN METODE VARIABLE COSTING SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK PENGENDALIAN BIAYA (Studi Kasus Pada PT. Maya Muncar -Banyuwangi )

RINI INDARWATI, 049735876 (2000) PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI BERDASARKAN METODE VARIABLE COSTING SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK PENGENDALIAN BIAYA (Studi Kasus Pada PT. Maya Muncar -Banyuwangi ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 182-00 Ind p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap tindakan yang akan dilakukan perusahaan berlandaskan infonnasi yang berkualitas guna mempertahankan kelangsungan bidup perusahaan di masa datang. Perhitungan biaya produksi yang tepat, bennanfaat dalam peroleban informasi yang berkualitas atas biaya-biaya yang telah terjadi atau yang telah dikeluarkan untuk memproduksi suatu produk. Dalam literature study diketahui dua metode perhitungan biaya produksi yaitu metode full costing dan variable costing. :Masing-masing metode tersebut memiliki perbedaan prinsip dan sasaran yang hendak dieapai. PT. Maya Munear Banyuwangi, bergerak da1am bidang industri dan mempakan sebuah perusahaan pengalengan ikan dan tepung ikan. Perusahaan menggunakan sistem akuntansi biaya historis. Segala biaya bahan baku, tenaga kerja dan overhead pabrik dieatat atas dasar biaya yang dikeluarkan. Berdasarkan informasi keuangan perusahaan, PT. Maya Munear menggunakan metode full costing da1am perhitungan harga pokok produknya, yaitu memasukkan semua unsur biaya produksi baik biaya tetap maupun biaya variabel sebagai elemen harga pokok produk. Konsep full costing yang diterapkan sering tidak relevan Wltuk memenuhi kebutuhan manajemen terutama Wltuk pereneanaan dan pengendalian jangka pendek karena biaya yang relevan dengan serangkaian alternatif pengambilan keputusan jangka pendek adalah biaya variabel Kelemahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode variable costing yaitu perhitungan harga pokok produk yang hanya memasukkan biaya produksi variabel yang terlebih dulu biaya produksi dipisahkan sesuai dengan perilakunya. Dengan dipisahkannya biaya produksi menjadi biaya tetap dan biaya varia bel, perusahaan dapat melakukan analisis selisih Wltuk mengetahui penyebab selisih yang timbul dan dapat segera diambil tindakan perbaikan tedladap selisih yang tidak menguntungkan. Dengan demikian variable costing berperan bagi manajemen dalam pengendalian biaya produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RINI INDARWATI, 049735876UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 30 Nov 2016 17:44
Last Modified: 18 Jun 2017 23:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47705
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item