PERLAKUAN DAN PELAPORAN AKUNTANSI ATAS BIAYA PENARIKAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA LAPORAN KEUANGAN HOTEL RADISSON SURABAYA

SYLVIA TJAHJAKAERANI, 049520616 E (2000) PERLAKUAN DAN PELAPORAN AKUNTANSI ATAS BIAYA PENARIKAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA LAPORAN KEUANGAN HOTEL RADISSON SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 188-00 Tja p.pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang terpenting dalam perusahaan. Mengingat pentingnya perananan sumber daya manusia di dalam mencapai tujuan perusahaan, maka setiap kegiatan untuk merekrut dan mengembangkan sumber daya manusia merupakan langkah yang sangat penting bagi perusahaan. Perekrutan sumber daya manusia yang berkualitas dan pengembangan sumber daya manusia melalui program pendidikan dan peiatihan merupakan upaya upaya yang bisa dilakukan perusahaan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang kompeten. Akuntansi sumber daya manusia selama ini belum banyak mendapat perhatian. Banyak perusahaan yang masih mengaplikasikannya secara tidak tepat, atau bahkan tidak mengaplikasikannya sama sekali. Sedangkan investasi dalam aktiva sumber daya manusia cukup besar, sehingga tidak adanya atau kesalahan pengungkapannya dalam Laporan Keuangan akan menyebabkan adanya distorsi. Hal ini mengakibatkan informasi yang dihasilkan dalam Laporan Keuangan tidak lagi relevan dan dapat diandalkan (reliable) Dalam tulisan ini penulis mencoba untuk mengaplikasikan akuntansi sumber daya manusia pada karyawan Hotel Radisson Surabaya. Metode yang dianjurkan untuk digunakan adalah metode biaya historis dengan berbagai kelebihannya dibandingkan dengan metode lain. Biaya perolehan bersama-sama dengat" biaya pengembangan merupakan komponen dari biaya sumber day <! lmmusia yang harns diamortisasikan dan dikapitalisasikan selama masa manfaat yang diharapkan dari aktiva sumber daya manusia tersebut. Pembenahan yang dilakukan tersebut akan menimbulkan beberapa perubahan dalam Laporan Keuangan perusahaan. Pada neraca, di sisi aktiva terdapat penambahan pada rekening biaya lain sumber daya manusia. Sedangkan pada Laporan Laba / Rugi akan tampak adanya pengurangan biaya-biaya perolehan dan pengembangan dari biaya lainlain -sumber daya manusia, disamping timbul biaya amortisasi, sesuai dengan masa manfaat yang diharapkan. Dengan adanya pembenahan tersebut diharapkan Laporan Keuangan dapat menyajikan informasi yang lebih relevan dan dapat diandalkan oleh para pemakainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SYLVIA TJAHJAKAERANI, 049520616 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 30 Nov 2016 18:34
Last Modified: 19 Jun 2017 18:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47726
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item