PENGARUH RETURN ON INVESTMENT, EARNING PERSHARE, LEVERAGE RATIO DAN DEBT TO EQUITY RATIOTERHADAP HARGA SAHAM PADA KELOMPOK INDUSTRI HOTEL DAN JASA TRAVEL 01 BURSA EFEK JAKARTA

TEGUH SATRIYO PRANOMO, 049812011 E (2003) PENGARUH RETURN ON INVESTMENT, EARNING PERSHARE, LEVERAGE RATIO DAN DEBT TO EQUITY RATIOTERHADAP HARGA SAHAM PADA KELOMPOK INDUSTRI HOTEL DAN JASA TRAVEL 01 BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 233 03 Pra p-E.pdf

Download (383kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seperti halnya pasar komoditi barang, pasar modal memiliki karakteristikkarakteristik umum yang sarna. Salah satunya ialah bahwa harga yang terjadi dipasar merupakan ekuilibrium antara permintaan dan penawaran yang ada. Permintaan dan penawaran yang ada juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang masing-masing berbeda untuk tiap pasar yang ada, bahkan untuk pasar sejenis sekalipun. Dipasar modal, biasanya permintaan akan suatu saham tertentu merupakan pernyataan penilaian investor atas prospek emiten yang bersangkutan di masa yang akan datang. Secara teoritis, penilaian tersebut dipengaruhi oleh dua kelompok faktor, yaitu : faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berkaitan dengan kondisi usaha dan kondisi internal yang lain dari perusahaan itu sendiri dan umumnya berupa datadata akuntansilkeuangan. Semantara faktor eksternal berkaitan dengan segala sesuatu yang tidak dapat dikendalikan oleh manajemen perusahaan, seperti: politik, keamanan umum dan kebijakan publik. Dengan latar belakang kondisi politik dan keamanan yang tidak menentu secara menyeluruh pada pertengahan peri ode 1996-2000 menarik untuk mengetahui apakah faktor-faktor internal yang disebut secara teoritis mempengaruhi permintaan atas saham juga masih berlakuJdiperhatikan oeh investor. Dari kelompok internal, dipandang bahwa informasi akuntansi dapat digunakan sebagai indikator karena merupakan informasi yang dominan dari sisi internal perusahaan di antara beberapa rasio keuangan yang ada kiranya, rasio-rasio apa saja yang masih diperhatikan oleh investor dalam menentukan keputusan investasinya pada masa tersebut. Dengan mengolah data-data skunder yang berasal dari peri ode yang sarna (1996-2000) khususnya pada kelompok industri hotel dan jasa travel yang tercatat di Bursa Efek Jakarta, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan alat analisis statistik, didapatkan hasil bahwa dalam kondisi politik dan keamanan yang tidak kondusif tersebut ternyata investor, dalam jangka panjang dan secara statistik, masih memperhatikan faktor-faktor internal dalam menetapkan harga saham dan secara spesifik lebih memperhatikan faktor return on investment dan leverage ratio, dibanding faktor internal yang lain dalam menilai kineIja saham. Ketidakpastian politik dan keamanan berpengaruh hanya dalam jangka pendek dan sifatnya reaktif. Dalam kondisi lingkungan makro yang seragam, investor pasar modal Indonesia ternyata masih bersikap rasional dan mendasarkan keputusan investasinya pada analisis yang rasional pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 233/03 Pra p
Uncontrolled Keywords: INVESTMENT, STOCK
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
TEGUH SATRIYO PRANOMO, 049812011 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantISNALITA, Dra. Msi. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 30 Nov 2016 18:52
Last Modified: 30 Nov 2016 18:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47728
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item