POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA TERHADAP KAMBOJA MASALAH : DITUNDANYA KEANGGOTAAN KAMBOJA DALAM ASEAN TAHUN 1997

ARIANTONO, 079314095 (2000) POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA TERHADAP KAMBOJA MASALAH : DITUNDANYA KEANGGOTAAN KAMBOJA DALAM ASEAN TAHUN 1997. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS HI 10 00 Ari p.pdf

Download (109kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hubungan antara Kamboja dan Indonesia sudah terjalin cukup lama. Ketika Kamboja pada tahun 1997, ditunda keanggotaannya untuk masuk dalam ASEAN, Indonesia menyetujui penundaan keanggotaan Kamboja tersebut. Sama halnya dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya. Penundaan keanggotaan Kamboja tersebut menghambat cita-dta ASEAN-10 (ASEAN bersatu). Mengapa Indonesia menyetujui terhadap penundaan keanggotaan Kamboja dalam ASEAN, merupakan pertanyaan yang menarik untuk diteliti, karena tentunya Indonesia mempunyai alasan tersendiri dalam menyetujui penundaan keanggotaan Kamboja dalam ASEAN tersebut. Apalagi pada tataran ASEAN, Indonesia mempunyai peran yang cukup besar.l karena Indonesia mempunyai wilayah yang luas dan penduduk yang banyak sehingga perIu diteliti pula faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia menyetujui terhadap penundaan keanggotaan kamboja dalam ASEAN, pada pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN di Kuala Lumpur (Malaysia) pada tangga15-7 Juli 1997. Untuk membahas hal-hal tersebut, diperIukan suatu kerangka dasar pemikiran dan di dalam penelitian ini digunakan peringkat analisis negara bangsa dan sistemik, teori politik luar negeri, teori konflik, konsep kepentingan nasional dan konsep complex interdependence. Secara metodologis.l penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptifeksplanatif dan teknik analisis induktif dan deduktif untuk menguji hipotesis. Setelah melalui pembahasan, maka diperoleh beberapa temuan. Bahwa kepentingan ekonomi-politik Indonesia dalam menyetujui penundaan keanggotaan Kamboja dalam ASEAN adalah antara lain: adanya kepentingan Indonesia terhadap sikap domestik dan kebutuhan ekonominya.l adanya kepentingan Indonesia dalam rangka memainkan peran sebagai pemimpin regional dan adanya kepentingan Indonesia untuk menjaga dan memelihara stabilitas nasional dan stabilitas regional. Selain itu, juga didorong oleh faktor eksternal yang menjadi determinan terhadap pernyataan Indonesia dalam menyetujui penundaan keanggotaan Kamboja dalam ASEAN. Faktor-faktor ekstemal tersebut antara lain, kondisi umurn kawasan Asia Tenggara pasca Perang Dingin dan kondisi dalam negeri Kamboja yang belurn aman dan stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 10-00 ARI P
Uncontrolled Keywords: INDONESIA - POTITICS AND GOVERNMENT
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
ARIANTONO, 079314095UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 30 Nov 2016 19:29
Last Modified: 30 Nov 2016 19:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47751
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item