PENGARUH EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN TERHADAP TINGKAT STRES KERJA BAWAHAN (Studi Kasus Pada PT. (Persero) Terminal Petikemas Surabaya Bagian Operasional)

ARYANDARI DP, 049611197E (2004) PENGARUH EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN TERHADAP TINGKAT STRES KERJA BAWAHAN (Studi Kasus Pada PT. (Persero) Terminal Petikemas Surabaya Bagian Operasional). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 168-04 ARI P.pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karyawan mempakan asset yang utama bagi perusahaan dan sebagai salah satu sumber daya yang memegang peranan paling penting didalam mempertahankan kelangsungan hidup suatll organisasi. Tidak ada perusahaan tanpa manusia di dalamnya, karena manusialah yang membuat setiap perusahaan memilikijiwa serta kemarnpuan menjalankan aktivitasnya. Bukanlah sesuatu yang mengheraokan apabila setiap karyawan mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri. Seharusnya pimpinan yang baik akan mampu melihat secara jelas kekurangan dan kelebihan bawahannya sehingga mampu mensinergiskan berbagai kelebihan dan menutup kekurangan bawahan yaug ada guna peningkatan kemajuan organisasi. Di sisi lain, seorang pemlmpin bisa mengoptimalkan tingkat stres kerja karyawan yang berakibat langsung ataupun tidak langsung terhadap efektifitas organisasi. Pada kenyataannya stres dapat membuahkan hasil yang positip atau negatif tergantung dari reaksi dan kemampuau yang dimiliki oleh seseorang dalam mengatasi stres. Ada dan mungkin banyak orang yang marnpu mengatasi stres, bahkan sampai mengelolanya dengan baik sehingga memperoleh hasil yang positif, Untuk itu penulis mencoba rnengadakan penelitian dengan judul Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Terhadap Tingkat Stres Kerja Karyawan Pada Bagian Operasional PT. (Persero) Terminal Petikemas Tanjung Perak Surabaya. Ada pun tujuan yaug hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah kepemimpinan yang efektif berpengaruh secara signitlkan dengan tingkat stres kerja karyawan pada PT.(Persero) Terminal Petikemas Tanjung Perak Surabaya. Penelitian yang berlokasi di salah satu anak perusahaan Pelindo 1Il Surabaya ini rnencoba menggunakan teknik anal isis regresi Iinier sederhana, yang hasilnya menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan berupa adanya pengaruhnya yang bermakna antara efektifitas kepernimpinan dengan tingkat stres kerja karyawan dapat diterima namun pengaruh efektifitas kepemimpinan terhadap tingkat stress kerja karyawan hauya berkisar 10,2%. Dengan hasil uji t dimana t hitung sebesar 3,093 dan t tabel sebesar 1,98861 pada taraf nyata 5% yang berarti koefeisien determinasi dapat dikatakan mempunyai hubungan linier yang sangat signifikan antara variabel X dan variabel Y. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner yang mengambil sekitar 86 responden dari 220 karyawan yang bekerja pada bagian operasional di PT.(Persero) Terminal Petikemas Tanjung Perak Surabaya. Dalam hal ini karyawan mengalami tingkat stres kerja yang rendah sebesar 63,95% dengan tingkat efektifitas kepemimpinan sebesar 33,72% (gaya kepem impinan paling efektif).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 168/04 Ari p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: JOB STRESS, LEADERSHIP, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV8031-8080 Police duty. Methods of protection
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARYANDARI DP, 049611197EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNURI HERACHWATI, Dra., Ec., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 Nov 2016 19:57
Last Modified: 19 Jun 2017 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47759
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item