ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAB PERMINTAAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) GALON PADA PELANGGAN RUMAR TANGGA DI SURABAYA

ERLANGGA PRAMUDYA DHARMA, 049514954 (2001) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAB PERMINTAAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) GALON PADA PELANGGAN RUMAR TANGGA DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 36-01 Dha a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Air adalah salah satu sumber daya alam terpenting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Air minum yang bersih dan sehat sebagai kebutuhan dasar dengan fungsi yang sedemikian penting temyata kebutuhannya semakin meningkat bersamaan dengan pertambahan penduduk dan kesadaran masyarakat, tetapi sayangnya peningkatan kebutuhan ini tidak dapat dipenuhi oleh Perusahaan Oaerah Air Minum (POAM) sebagai instansi pemerintah penyedia air minum. Alasan POAM tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan air minum yang bersih dan sehat adalah karena air yang disalurkan kepada pelanggan mengalami berbagai masalah seperti pipa saluran yang bocor, saluran yang macet, pencurian air dan pencemaran air minum itu sendiri. Mengatasi masalah tersebut, muncul air minum dalam kemasan (AMOK) gal on sebagai altematif sumber air minum yang bersih dan sehat. Penelitian ini mencoba mengkaji atau menganalisis beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan air minum dalam kemasan (AMOK) galon pada pelanggan rumah tangga di Surabaya. Faktor -faktor yang dianalisis terdiri dari: Tingkat harga. Pendapatan keluarga dan Jumlah anggota keluarga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer, dimaria teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara langsung terhadap responden berdasarkan daftar pertanyaan yang telah disusun (kuesioner). Jumlah responden yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Adapun untuk menganalisis faktor -faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan air minum dalam kemasan (AMDK) galon pada pelanggan rumah tangga di Surabaya ini digunakan alat analisis statistik. yaitu model regresi linier berganda (/inier multiple regression). Berdasarkan hasil analisis dengan bantuan paket program microstat diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 9,9920 -O,0013XI +6,7738EIO·7Xl +0,868XJ Persamaan regresi tersebut menunjukkan adanya pengaruh faktor -faktor tingkat harga. pendapatan keluarga dan jumlah anggota keluarga terhadap jumlah permintaan air minum dalam kemasan (AMDK) galon pada pelanggan rumah tangga di Surabaya. Berdasarkan hasil analisis tersebut juga diperoleh koefisien korelasi berganda ( R ) sebesar 0,837 dan koefisien determinasi keseluruhan ( R2 ) sebesar 0,6901. Setelah melalui pengujian menggunakan F test diperoleh hasil bahwa faktor -faktor tingkat harga, pendapatan keluarga dan jumlah anggota keluarga mampu menjelaskan variasi jumlah permintaan air minum dalam kemasan (AMOK) galon pada pelanggan rumah tangga di Surabaya secara signifikan. Faktor -faktor tersebut secara parsial juga mampu menjelaskan variasi jumlah permintaan air minum dalam kemasan (AMOK) galon pada pelanggan rumah tangga di Surabaya secara signifikan. yakni setelah diuji dengan menggunakan t test. Berdasarkan hasil analisis itu pula diketahui bahwa pendapatan keluarga merupakan faktor yang memiliki pengaruh dominan terhadap jumlah permintaan air minum dalam kemasan (AMDK) galon pada pelanggan rumah tangga di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 36/01 Dha a
Uncontrolled Keywords: DEMAND (ECONOMIC THEORY)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
ERLANGGA PRAMUDYA DHARMA, 049514954UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKARJADI MINTAROEM, Drs., Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Nov 2016 20:34
Last Modified: 30 Nov 2016 20:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47773
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item