ANALISIS HAK PEMBAYARAN EKSPORTIR ATAS DOKUMEN YANG TIDAK SESUAI DENGAN SYARAT DAN KONDISI L/C, STUDI KASUS DI BANK "N" SURABAYA

NUGROHO ARI WIBOWO (2003) ANALISIS HAK PEMBAYARAN EKSPORTIR ATAS DOKUMEN YANG TIDAK SESUAI DENGAN SYARAT DAN KONDISI L/C, STUDI KASUS DI BANK "N" SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 170-3 Wib a.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Letter of credit (L/C) merupakan alat pembayaran yang digunakan dalam transaksi ekspor-impor. Dasar dari transaksi L/C adalah jaminan pembayaran apabila penyerahan dokumen yang diminta telah sesuai dengan syarat dan kondisi Lie. Akan tetapi dalam prakteknya, pihak eksportir jarang dapat memenuhi persyaratan dan kondisi yang terdapat dalam UC. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan penyimpangan dokumen ekspor. serta ingin melihat hak pembayaran eksportir atas dokumen yang tidak sesuai dengan syarat dan kondisi Lie. Berdasarkan studi kasus yang dilakukan di Bank 'N' Surabaya dengan menggunakan pedoman pemeriksaan dokumen dati Banker's Trust Company, ditemukan pola yang menjadi penyebab penyimpangan dokumen eksport. Adapun penyebab penyimpangan dokurnen tersebut adalah: defective document. missing document, late shipment. late presentation, VC expired, over drawn, incorrect shipment. partial shipment. serta beberapa penyimpangan kecil lainnya selain yang terse but diatas. Walaupun secara teori dinyatakan, bahwa pihak eksportir dapat kehilangan haknya atas penyerahan dokumen yang tidak sesuai dengan syarat dan kondisi LlC, akan tetapi pada kenyataannya 93.3% eksportir masih mendapatkan hak bayamya. Akan tetapi dengan kompensasi waktu yang lebih lama, dan dipotong biaya-biaya yang ditimbulkan. Masih belurn dapat dipastikan apakah faktor barang yang diperjualbelikan, serta negara importir memberikan pengaruh pada penyebab penyimpangan. Akan tetapi, karena faktor saling membutuhkan antara eksportir dan importir. serta faktor hubungan baik yang telah tercipta, membuat pibak importir Iebib banyak menyetujui penyimpangan yang ada. Menindaklanjuti penelitian ini, maka diperlukan pembuktian secara kuantitatif dengan harapan memberikan hasil yang lebih valid dan mudah dibaca, dengan memasukkan unsur kareteristik transaksi berikut pembeli serta reputasi dari issuing bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 170/3 Wib a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: FINANCE, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NUGROHO ARI WIBOWONIM049721842-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWINDIJARTO, Drs., Ec., MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 Nov 2016 22:35
Last Modified: 30 Nov 2016 22:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47805
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item