PENGGUNAAN BAHAN YANG TIDAK HALAL DALAM PROSES PRODUKSI PANGAN YANG MENCANTUMKAN LABEL HALAL PADA KEMASANNYA DITINJAU DARI KUHP DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN ( ANALISIS YURIOID KASUS AJINOMOTO )

CITRA PUTERI KUSWARDANI, 039714598 (1996) PENGGUNAAN BAHAN YANG TIDAK HALAL DALAM PROSES PRODUKSI PANGAN YANG MENCANTUMKAN LABEL HALAL PADA KEMASANNYA DITINJAU DARI KUHP DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN ( ANALISIS YURIOID KASUS AJINOMOTO ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KK Pin 19 02 kus p.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan bahan tidak halal dalam proses produksi pangan yang mencantumkan label "halal" dalam kemasannya merupakan perbuatan pidana, sebab dengan mencantumkan keterangan halal pada kemasan pangan, maka dianggap telah terjadi pernyataan dimaksud, dan setiap orang yang membuat pernyataan terse but bertanggung jawab atas kebenarannya. Oleh karena itu PT. AJINOMOTO INDONESIA seharusnya dapat dikenai ancaman pidana atas pelanggaran Pasal 8 ayat (1) huruf h Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, bukan Pasal 386 KUHP karena akan sulit untuk membuktikan unsur palsu dari MSG hasil produksi PT. AJINOMOTO INDONESIA tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK Pid 19-02 kus p fulltext tidak ada
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Pidana
Creators:
CreatorsEmail
CITRA PUTERI KUSWARDANI, 039714598UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Harjono Mantaroem, S.H., M,SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 01 Dec 2016 00:33
Last Modified: 01 Dec 2016 00:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47857
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item