IMPLIKASI KEMASAN TERHADAP PRAKARSA PEMBELIAN KONSUMEN (Suatu Telaah Empiris untuk Produk Sampo Lidah Buaya Bagi Karyawati di Surabaya)

ITA OCTAFIATI, NIM : 049310123/ M (1995) IMPLIKASI KEMASAN TERHADAP PRAKARSA PEMBELIAN KONSUMEN (Suatu Telaah Empiris untuk Produk Sampo Lidah Buaya Bagi Karyawati di Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MM 25-99.Oct i.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemasan sebagai strategi produk dapat digunakan sebagai unsur pembeda produk dengan produk sejenis, sebagai alat promosi dan penyedia informasi, juga dalam situasi tertentu berperanan secara efektif sebagai stimuli pemasaran yang mempengaruhi prakarsa pembelian. Kenyataan di atas menimbulkan beberapa pertanyaan bagi pihak produsen atau pemasar sampo lidah buaya, seperti yang tertuang dalam tujuan penelitian ini, yaitu ingin mengidentifikasikan unsur-unsur kemasan yang utama dipertimbangkan oleh konsumen dalam memandang kemasan sampo lidah buaya dan mengetahui bagaimana kemasan sampo lidah buaya yang dapat menimbulkan prakarsa pembelian konsumen. Tujuan penelitian tersebut merupakan kekhususan penelitian karena belum dilakukan pada penelitian-penelitian yang terdahulu. Meskipun demikian,hasil penelitian-penelitian tersebut sangat menunjang dan berkaitan, terutama dalam penentuan unsur-unsur kemasan, alasan dan latar belakangnya. Penelitian ini bersifat eksploratif eksperimental dan dilakukan dalam dua tahap. Penelitian eksploratif bertujuan menentukan unsure-unsur kemasan sebagai jenis dan tingkatan atribut, sedangkan penelitian eksperimen bertujuan mengetahui preferensi konsumen terhadap profil atau kombinasi kemasan yang terbentuk. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini, kemudian dianalisis dengan teknik Conjoint Analysis. Hasil analisis menyatakan bahwa unsur-unsur kemasan yang utama dipertimbangkan oleh konsumen dalam memandang kemasan sampo lidah buaya (sesuai urutan taraf kepentingannya), yaitu warna, bahan dan tutup, sedangkan kemasan sampo lidah buaya yang dapat menimbulkan prakarsa Pembelian konsumen diidentifikasikan sebagai kemasan dari bahan plastik (PVC) transparan, dengan warna dominan hijau terang (light) dan bertutup buka rekat (flip). Hasil penelitian ini secara khusus dapat dimanfaatkan oleh pihak produsen atau pemasar sampo lidah buaya sebagai masukan dalam menyusun strategi produknya terutama dalam menentukan rancangan kemasan produk sampo lidah buaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: MM 25/ 99 Oct i
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ITA OCTAFIATI, NIM : 049310123/ MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantT. Pawitra, Prof. Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 01 Dec 2016 17:09
Last Modified: 01 Dec 2016 17:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47880
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item