SURETY BOND SEBAGAI ALTERNATIF PENJAMINAN DALAM PERJANJIAN PEMBORONGAN BANGUNAN

ENDANG TIRTANA, 039914834 (2003) SURETY BOND SEBAGAI ALTERNATIF PENJAMINAN DALAM PERJANJIAN PEMBORONGAN BANGUNAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK Per 09 03 Tir s.pdf

Download (666kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bahwa dalam perjanjian pemborongan bangunan selalu mensyaratkan adanya jaminan dad kontraktor yang memenangkan tender tersebut terhadap kepastian dan kualitas dad pelaksanaan proyek yang dimenangkannya tersebut sesuai dengan perjanjian yang disepakati. Bentuk jaminan tersebut antara lain Bank Garansi dan Surety Bond. Dengan demikian eksistensi dari Surety Bond dalam perjanjian pemborongan bangunan adalah sebagai salah satu bentuk jaminan pekerjaan yang cukup berperan dalam perjanjian pemborongan bangunan. Hubungan hukum dalam perjanjian Surety Bond terjadi antara 3 (tiga) pihak, yaitu: Perusahaan Asuransi (Surety Company), Terjamin (Kontraktor) dan Penerima Jaminan (Pemilik Proyek/Obligee). Namun ternyata yang terlibat secara langsung di dalam pembuatan perjanjian Surety Bond hanya pihak perusahaan asuransi dengan terjamin, sedangkan antara penerima jaminan dan perusahaan asuransi tidak ada hubungan secara langsung. Jadi penerima jaminan tidak turut serta di dalam penandatanganan Surety Bond itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Per 09-03 Tir s.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ENDANG TIRTANA, 039914834UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLisman Iskandar, SH.,MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 01 Dec 2016 17:30
Last Modified: 01 Dec 2016 17:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47887
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item