ILUSTRASI SAMPUl KASET MUSIK ROCK BARAT (ANALISIS lSI PESAN DALAM SISTEM TANDA ILUSTRASI SAMPUL KASET METALICA RIDE THE LIGHTNING DAN••• AND JUSTICE FOR ALL DENGAN PENOEKATAN TEORI SEMIOTIKA)

HOOR WIJAYANTO, 079314019 (1998) ILUSTRASI SAMPUl KASET MUSIK ROCK BARAT (ANALISIS lSI PESAN DALAM SISTEM TANDA ILUSTRASI SAMPUL KASET METALICA RIDE THE LIGHTNING DAN••• AND JUSTICE FOR ALL DENGAN PENOEKATAN TEORI SEMIOTIKA). Skripsi thesis, AIRLANGGA UNIVERSITY.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fisk K.1-99.Wij i.pdf

Download (533kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ilustrasi sampul album kaset adalah salah satu sarana bagi seorang produsen untuk mempromosikan sebuah album musik, Seringkali i1ustrasi sebuah album kaset, terutama yang musiknya beraliran rock adalah berupa lukisan yang indah, penuh daya khayal dari hasil kreatifitas ilustratomya, Bila kita cerrnati, sebenamya ilustrasi sampul album kaset, tak hanya sekedar coretan-coretan kosong belaka, tapi mempunyai makna tertentu, baik yang tersurat maupun yang tersirat mengungkapkan pesan khusus yang ingin diekspresikan oleh seorang pemusik melaIui karya seni seorang ilustrator dengan media ilustrasi sampul album kaset. Karena ituJah peneliti tertarik untuk meneliti apa saja pesan yang disampaikan melalui sistem tanda dalam ilustrasi sampul album kaset musik rock barat, dalam hal ini adalah ilustrasi sampul album Metallica R[(ie The Lightning dan, And Justice For All. Metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori semiotika, Tipe peneIitian yang digunakan adalah deskriptif. Unit analisisnya adalah Paradigma dan Syntagma, Paradigmanya berupa wama, gambar tipologi hurnf, tulisan, lay out, daIam ilustrasi sampul kaset Metallica tersebut Sedangkan syntagmanya berupa kombinasi dari unit-unit yang dipilih dalam paradigma, yang kemudian menjadi sebuah sistem tanda yang mengekpresikan pandangan, penilaian, pendapat serta protes Metallica terhadap sebuah peristi wa reaIitas sosial yang dalam hal ini adalah penerapan sistem hukum Amerika Serikat yang dianggap tidak benar. Data dianalisa secara kualitatif dengan menginterpretasi sistem tanda dalam i1ustrasi sampul kaset secara denotatif dan konotatif, sesuai dengan fungsi referensial dan emotif yang mempertimbangkan konstruksi pemikiran sang pemusik terbadap sebuah fenomena dalam kehidupan dan faktor-taktor eksternal yang mempengaruhinya,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FIS K 1/99 Wij i FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
HOOR WIJAYANTO, 079314019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorS.S. ANDARINI S., Dra.,S.U.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 01 Dec 2016 17:50
Last Modified: 01 Dec 2016 17:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item