PRAMUNIAGA SOGO PLAZA TUNJUNGAN IV SURABAYA (Studi deskriptif tentang hubungan sosialisasi peraturan terhadap perilaku kerja pramuniaga)

TANTRI WIJAYANTI, 079514916 (2004) PRAMUNIAGA SOGO PLAZA TUNJUNGAN IV SURABAYA (Studi deskriptif tentang hubungan sosialisasi peraturan terhadap perilaku kerja pramuniaga). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS ANT 16-04 WIJ P.pdf

Download (177kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pramuniaga sebagai ujung tombak dalam proses penjualan suatu produk perusahaan, bukanlah pekerjaan yang mudah. suka dan duka dalam melayani pekerjaan dihadapi setiap hari. Dari sekian banyak Mall dan Plaza, SOGO Plaza Tunjungan di Surahaya terbilang muda tahun berdirinya. Semangat dan aturan gaya Jepang yang diterapkan, merupakan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh Plaza lain, seperti harus membungkuk 35° saat SOGO dibuka untuk umum. Penelitian ini difokuskan pada apa saja peraruran-peraruran yang ada, proses sosialisasinya dan bagaimana perilaku kerja pramuniaga terhadap penerapan peraturan tersebut. Dalarn penelitian ini diambil delapan infonnan pramuuiaga terdiri dati enam perempuan dan dua laki-Iaki Selain itu untuk mengetahui proses penerapan peraturan diarnbil informan dati : Manager HRD, Manager Section dan Supervisor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif Metode kualitatif dipandang sangat tepat karena dapat menghasilkan data berupa kata-kala tertulis alau lisan dati orang-orang dan perilaku yang dapat diarnati serta memandang individu sebagai bagian yang utuh tanpa mengisolasi individu daJam variabel atau bipotesa Berdasarkan temuan data di lapangan, ternyata peraturan-peraturan yang ditemukan lebih dirasakan adanya ketidakseimbangan antara pramuniaga dengan pibak atasan /pimpinan. Meskipun adanya pertentangan dalam pelaksanaannya, namun pramuniaga berusaha mematuhi peraruran yang ada dengan cara mereka sendiri, misalnya dengan mengajak makan teman yang baik yang tidak mendapat kupon saat istirahat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 16-04 WIJ P
Uncontrolled Keywords: PRAMUNIAGA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
TANTRI WIJAYANTI, 079514916UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 01 Dec 2016 18:38
Last Modified: 19 Jun 2017 21:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47904
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item