ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI HARGA PASAR SAHAM PERBANKAN DI BURSA EFEK SURABAY A

EMANUEL KRISTIJADI, NIM : 049310130/ M (1995) ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI HARGA PASAR SAHAM PERBANKAN DI BURSA EFEK SURABAY A. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MM 27-99.Kri a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin maraknya kegiatan bisnis di Indonesia memiliki dampak bahwa setiap perusahaan senantiasa berusaha melakukan perluasan usahanya. Upaya tersebut tentu saja berakibat pula dibutuhkannya tambahan modal bagi perusahaan. Hal tersebut juga terjadi pada industri perbankan yang menunjukkan persaingan yang semakin ketat di dalamnya. Salah satu cara yang bisa ditempuh oleh perusahaan perbankan untuk menambah modalnya adalah dengan memperoleh dana melalui Pasar Modal dengan jalan menawarkan sahamnya kepada masyarakat. Upaya menjual saham kepada masyarakat tentunya harus diikuti dengan upaya manajemen untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai perusahaannya di mata masyarakat. Di pihak masyarakat sendiri tentunya akan memiliki penimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli suatu saham. Akibat adanya penilaian dari dua pihak ini maka akan terjadi pergerakan harga pasar saham. Untuk mengevaluasi harga pasar saham telah tersedia beberapa teknik analisis, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Dalam penelitian ini dilakukan evaluasi harga pasar saham dengan analisis fundamental,yaltu melakukan evaluasi terhadap variabel-variabel pada faktor-faktor internal perusahaan yang dapat mempengaruhi harga pasar saham. Variabel-variabel penelitian untuk mengevaluasi harga pasar saham perbankan tersebut meliputi variabel-variabel pendapatan dan resiko, khususnya resiko keuangan. Pendapatan suatu bank dapat diukur melalui variable-variabel Earnings Per Share (EPS). Return On equity (ROE) dan Return On Assets (ROA), sedangkan resiko keuangan dapat diukur melalui Liquidity Risk, Interest Rate Risk dan Credit Risk. Selain variabel pendapatan dan resiko, suatu bank juga dituntut untuk memenuhi kecukupan modalnya untuk mendukung pengembangan operasi usahanya. Berdasarkan beberapa variabel tersebut di atas, maka dilakukan evaluasi terhadap pergerakan harga pasar saham melalui teknik analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis didapat bahwa model penelitian ternyata memiliki makna (signifikan), dan secara parsial terdapat empat variabel bebas yang memiliki pengaruh yang bermakna terhadap harga pasar saham perbankan. yaitu Earnings Per Share. Return On EqUity, Return On Assets dan Interest Rate Ris. Di antara variabel-variabel bebas yang memiliki pengaruh yang bermakna tersebut. ternyata variabel Earnings Per Share merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi harga pasar saham perbankan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: MM 27/ 99 Kri a
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
EMANUEL KRISTIJADI, NIM : 049310130/ MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantH.A. Choesni Abdulkarim, Drs. Ec., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 01 Dec 2016 18:29
Last Modified: 01 Dec 2016 18:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47905
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item