UPACARA SEDEKAH BUMI (Studi Tentang, Pergesentn Nilai dan Fungsi Upacara 5edekah Bumi di Kampung Kebangsren, Kecamatan Genteng, Kotamadya surabaya)

ARIF GUNAWAN, 079514779 (2004) UPACARA SEDEKAH BUMI (Studi Tentang, Pergesentn Nilai dan Fungsi Upacara 5edekah Bumi di Kampung Kebangsren, Kecamatan Genteng, Kotamadya surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS ANT 18-04 GUN U.pdf

Download (206kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada akhirnya penulis mampu menyelesalkan salah satu tugas hidup yaitu dengan selesainya studi di jurusan antropologl, fakultas FISIP, Universitas Alrlangga, dltandai dengan terselesalkannya skripsi dengan judul "Upacara Sedekah Bumi" Ini. Proses pembuatan skrlpsl inl memakan waktu cukup lama (mulal tahun 2001/2003) dikarenakan di masa tersebut merupakan masa dimana penulis mengalami disorientasl studi sehingga menghambat terselesaikannya penulisan Ini. Judul Ini terlnspirasi ketika penulis bekerja pada lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pendampingan dan pemberdayaan anak jalanan. Keuka itu penulis mendapat undangan dari warga kampung untuk dapat menghadiri acara yang diadakan warga kampung setiap setahun sekali yaitu selamatan sedekah bumi yang pada akhimya kegiatan tersebut dijadikan obyek penelitian oleh penulis. Penulis menganggap kegiatan yang dilakukan oleh warga kampung (Kebangsren) merupakan fenomena budaya. Masyarakat kampung Kebangsren adalah masyqrakat perkotaan akan tetapi mereka masih melakukan kegiatan secara kolektif yang menjadi karakteristik masyarakat petani di pedesaan yaitu upacara sedekah bumi. Hal inilah yang membuat penulis menjadi tertarik untuk menelitinya. Penulis sadar bahwa skripsi ini memang jauh oari sempurna, banyak kekl,Jrangan dl beberapa aspek. Oleh sebab itu penulis berharap akan mendapat saran, kritlk, komentar dari pihak manapun hingga akhimya dapat dijadikan rujukan untuk penulisan selanjutnya yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 18-04 GUN U
Uncontrolled Keywords: RITES AND CEREMONIES
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARIF GUNAWAN, 079514779UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBudi Setiawan, Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 01 Dec 2016 18:57
Last Modified: 19 Jun 2017 21:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47908
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item